Hello world! Di berbagai bahasa pemrograman

Hello world! Di berbagai bahasa pemrograman

Hello, World!
Hello world! adalah sapaan atau kalimat pertama yang dibuat dalam bahasa pemrograman saat seseorang baru memulai belajar sebuah bahasa pemrograman.

Hello world! atau dalam bahasa Indonesia artinya adalah `Halo dunia!` pertama kali muncul menurut wikipedia pada bahasa pemrograman C, yang kemudian menyebar keberbagai bahasa pemrograman lain.

Seperti berikut beberapa cara penulisan kalimat `Hello, World!` dalam berbagai bahasa pemrograman.

ActionScript

ActionScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk pengembangan situs web. Bahasa ini dikembangkan berdasarkan ECMAScript dan dibuat oleh Macromedia. ActionScript juga digunakan untuk pengembangan perangkat lunak dari platform Adobe Flash Player.
 
ActionScript 2.0 
 
var greet:TextField = new TextField(); 
greet.text = "Hello, World!"; 
this.addChild(greet);  

Ada

Ada adalah bahasa pemrograman prosedural yang awalnya digunakan untuk membuat perangkat lunak milik departemen pertahanan Amerika serikat. Nama Ada sendiri diambil dari nama programmer pertama didunia yaitu Ada Lovelace atau Augusta Ada Byron.
 
 
with Ada.Text_IO; use Ada.Text_IO; 
procedure Hello is 
begin 
 Put_Line ("Hello, world!"); 
end Hello;  

BAIK

BAIK (Bahasa Anak Indonesia untuk Komputer) adalah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Haris Hasanudin saat kuliah di Gunma Univercity, Jepang. Bahasa pemrograman yang berasal dari Indonesia ini ditulis dengan kosa kata Indonesia.
 
 
tulis "Hello, World!"  

Bash

Bash (Bourne again shell) adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan sebagai Shell pada GNU project, Bash diambil dari nama pencipta bahasa ini sendiri yaitu Stephen Bourne.
 
 
echo "Hello, world!";  

BASIC

BASIC adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang diciptakan oleh John G. Kemeny dan Thomas Eugene Kurtz, tujuan dari bahasa ini adalah sebagai bahasa awam agar orang mampu berinteraksi dengan bahasa komputer. Seperti kepanjangannya yaitu Beginners` All-purpose Symbolic Intruction Code.
 
 
10 PRINT 
"Hello, world!"  

C#

C# (C Sharp) adalah bahasa pemrograman berbasis objek yang bertujuan untuk menulis program aplikasi baik sisi client-server atau embedded, bahasa ini dikembangkan oleh perusahaan MicroSoft.
 
 
using System; 
using System.Collections.Generic; 
using System.Linq; 
using System.Text.RegularExpressions; 
 
namespace HelloWorldCSharp 
{ 
 public class Program 
 { 
 public static void Main(string[] args) 
 { 
 Console.WriteLine("Hello, world!"); 
 } 
 } 
}  

C

C adalah bahasa pemrograman komputer yang dibuat oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unixdi Bell Telephone Laboratories.
 
 
#include 
<stdio.h> 
int 
main(void) 
{ 
printf("Hello, World!\n"); 
return 
0; 
}  

C++

C++ adalah bahasa pemrograman peningkatan dari bahasa C, bahasa ini dibuat oleh Bjarne Stroustrup.
 
 
#include 
<iostream> 
using 
namespace 
std; 
int 
main() 
{ 
cout 
<<"Hello, world!"<<endl; 
return 
0; 
}  

D

D adalah bahasa pemrograman yang ditemukan oleh Walter Bright, D memiliki kemampuan berbasis objek, imperatif dan multi-paradigma.
 
 
import std.stdio; 
 
void main() 
{ 
 writeln("Hello, World!"); 
}  

Elixir

Elixir adalah bahasa pemrograman fungsional dinamis, bahasa ini dibuat oleh Jose valim.
 
 
IO.puts "Hello, world!"  

Erlang

Erlang adalah bahasa pemrograman berparadigma fungsional yang diciptakan oleh Ericsson, tujuan utama pembuatan bahasa ini adalah untuk menciptakan aplikasi-aplikasi yang memiliki peforma tinggi.
 
 
-module(source). 
 -export([entry_point/0]). 
 
 entry_point() -> 
  io:fwrite("Hello, world\n").  

F#

F# (F Sharp) adalah bahasa pemrograman yang mulai muncul pada tahun 2004, F# juga multi-paradigma dan merupakan bagian dari Visual studio.
 
 
open System 
printfn "Hello, World!"  

Fortran

Fortran (Formula Translator/Translation) adalah bahasa pemrograman yang berorientasi pada suatu masalah tertentu, seperti Matematika. Fortran juga menjadi bahasa pemrograman tingkat tinggi tertua.
 
 
program hello 
 print *, "Hello World!" 
end program hello  

Go

Go (Golang) adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan di Google oleh 3 orang yaitu Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson. Bahasa pemrograman ini dikembangkan berdasarkan basis bahasa pemrograman C.
 
 
package main 
import "fmt" 
 
func main() { 
 fmt.Printf("Hello, world\n") 
}  

Haskell

Haskell adalah nama bahasa pemrograman yang diambil dari nama matematikawan Haskell Curry, Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa pemrograman fungsional murni yang diciptakan pada tahun 80-an.
 
 
main = print $ "Hello, world!"  

Java

Java adalah bahasa pemrograman bagian dari Oracle, Java sebelumnya dibuat oleh James Gosling pada proyek The Green Project saat ia masih bergabung di Sun Microsystems.
 
 
import java.util.*; 
import java.lang.*; 
 
class MyProgram 
{ 
 public static void main(String args[]) 
 { 
 System.out.println("Hello, World!"); 
 } 
}  

JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman web dinamis client-side paling populer, hampir seluruh Web didunia menggunakan JavaScript. Awalnya bahasa ini diciptakan oleh Brendan Eich dari Netscape.
 
 
<script type="text/javascript"> 
documment.write("Hello, world!"); 
</script>  

Kotlin

Kotlin adalah bahasa pemrograman yang dibuat JetBrains, Kotlin mengusung pemrograman pragmatis untuk JVM Kotlin juga telah mendapatkan dukungan dari Google untuk mengembangkan Aplikasi Android.
 
 
fun main(args: Array<String>) { 
 println("Hello, world!") 
}  

Lua

Lua adalah bahasa pemrograman dinamis berbasis skrip yang sering digunakan untuk mengembangkan games. Lua memiliki sifat ringan, powerfull dan efisien.
 
 
print ("Hello, World!")  

Ocaml

Ocaml adalah bahasa pemrograman paradigma fungsional yang dikembangkan sejak tahun 1985 di Prancis oleh sebuah lembaga yang bernama INRIA.
 
 
print_string "Hello, world!\n";;  

Objective-C

Objective-C adalah bahasa pemrograman utama untuk membuat Aplikasi mac. Sebelum digantikan Objective-C sering digunakan untuk membuat Aplikasi iOS.
 
 
#import <Foundation/Foundation.h> 
 
int main (int argc, const char * argv[]) 
{ 
 NSAutoreleasePool *pool = [[NSAutoreleasePool alloc] init]; 
 NSLog (@"Hello, World!"); 
 [pool drain]; 
 return 0; 
}  

Pascal

Pascal adalah bahasa pemrograman yang sering digunakan sebagai dasar belajar Algoritama bahasa pemrograman diawal perkuliahan. Pascal dibuat oleh Profesor Niklaus Wirth pada tahun 1971, Nama Pascal sendiri diambil dari nama matematikawan asal prancis yaitu Blaise Pascal.
 
 
Program 
HelloWorld; 
 
begin 
 writeln('Hello, world!'); 
end.  

Perl

Perl adalah bahasa pemrograman serbaguna yang dirilis pada tahun 1987, Perl pertama kali dikembangkan oleh Larry wall.
 
 
print "Hello World\n";  

PHP

PHP (PHP: Hypertext Preprocessor) adalah bahasa pemrograman web dinamis tingkat tinggi yang berjalan di sisi server (server-side). PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995 sebagai Framework dari bahasa Perl yang kemudian ditulis ulang dalam bahasa C.
 
 
<?php 
echo "Hello, world! "; 
?>  

Prolog

Prolog (Perancis: Programmation en logiquie "Pemrograman Logika") adalah bahasa pemrograman logika atau non-prosedural, Prolog dibuat tahun 1972 oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski. Tujuan dari bahasa ini adalah untuk memungkinkan bahasa pemrograman dalam pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer.
 
 
program :- write('Hello, world!'). 
:- program.  

Python

Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna yang mendukung multi paradigma pemrograman, utamanya; namun tidak dibatasi; pada pemrograman berorientasi objek, pemrograman imperatif, dan pemrograman fungsional. Python diciptakan pada 1990 tahun oleh Guido van Rossum.
 
 
print "Hello, world!"  

R

R adalah bahasa pemrograman untuk analisis statiska dan grafik. Bahasa pemrograman ini diciptakan oleh Ross Ihaka dan Robert Gentlemen.
 
 
print("Hello, world!")  

Ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman skrip berbasis objek yang didirikan tahun 1995 oleh Yukihiro Matsumoto, Ruby bertujuan menggabungkan seluruh bahasa pemrograman script yang ada di dunia.
 
 
puts "Hello, world!"  

Scala

Scala adalah bahasa pemrograman yang memadukan pemrograman fungsional dan pemrograman berbasis objek, diciptakan oleh Martin Odersky pada 2001. Scala juga dapat berjalan di JVM.
 
 
object HelloWorld extends App { 
 println("Hello, World!") 
 }  

Scheme

Scheme adalah bahasa pemrograman fungsional.
 
 
(display "Hello, World!")  

Swift

Swift adalah bahasa pemrograman berbasis objek fungsional yang bertujuan untuk pengembangan iOS dan Mac. Swift mulai diluncurkan pada tahun 2004 oleh perusahaan Apple.
 
 
print("Hello, world!")  

TCL

TCL (dibaca Tikel) atau Tool Command Language adalah bahasa pemrograman yang bertujuan untuk pengembangan Aplikasi desktop. TCL diciptakan oleh John Ousterhout.
 
 
puts "Hello, world!"  

Visual Basic

Visual Basic atau VB adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang bertujuan untuk pengembangan perangkat lunak Komputer berbasis grafik dengan cepat. VB dikembangkan oleh perusahaan Microsoft.
 
 
Imports System 
Imports System.Collections.Generic 
Imports System.Linq 
Imports System.Text.RegularExpressions 
 
Namespace HelloWorld 
 Public Module Program 
 Public Sub Main(args() As string) 
 Console.WriteLine("Hello, world!") 
 End Sub 
 End Module 
End Namespace  

Itulah beberapa cara penulisan Hello world! Di berbagai bahasa pemrograman, sebelumnya maaf bila ada penulisan script atau deskripsi yang salah maupun kurang tepat