Urutan Anime Monogatari Series

Monogatari Series bercerita tentang seorang siswa SMA setengah vampir yang bernama Araragi Koyomi, Anime bergenre semi horror yang memiliki banyak arc ini kadang membuat orang bingung ditambah banyaknya dialog atau monolog membuat kebanyakan orang malas menontonnya.

Anime ini sendiri mempunyai cerita yang tergolong berat, butuh pemahaman lebih dalam menonton anime ini. Selain jalan ceritanya yang berat, bagi pemula terkadang dibuat bingung dengan urutan Monogatari series ini.

Monogatari Series dapat diurutkan berdasarkan alur cerita dan tanggal tayang. Namun, saya sendiri menyarankan menonton anime ini dengan urutan sesuai tanggal tayang atau rilisnya agar tidak terkena spoiler dan tentunya akan sedikit mendapatkan kesan misterinya. Tapi, jika Anda ingin mengetahui urutan monogatari series berdasarkan alur cerita, itu juga terserah Anda.

Daftar isi

Urutan Monogatari Series Berdasarkan Tanggal Rilis

Berikut urutan monogatari series berdasarkan tanggal rilis:

#Season 1

1. Bakemonogatari (2009)

Bakemonogatari memiliki 15 episode dan 5 arc yaitu:
  1. Hitagi Crab
  2. Mayoi Snail
  3. Suruga Monkey
  4. Nadeko Snake
  5. Tsubasa Cat

2. Nisemonogatari (2012)

Nisemonogatari memiliki 12 episode dan 2 arc yaitu:
  1. Karen Bee
  2. Tsukihi Phoenix

3. Nekomonogatari: Kuro (2012)

Nekomonogatari memiliki 4 episode dan 1 arc yaitu:
  1. Tsubasa Family

#Season 2

4. Monogatari series: Second Season (2013)

Berbeda dengan series monogatari lainnya, diseries ini kita dapat menemukan beberapa judul sub judul dari monogatari series: second season. Tiap sub judul series ini memiliki 1 arc masing-masing dengan jumlah total episode 26 dan 5 arc serta 5 sub judul yaitu:
  1. Tsubasa Tiger (Nekomonogatari: Shiro)
  2. Mayoi Jiangshi (Kabukimonogatari)
  3. Nadeko Medusa (Otorimonogatari)
  4. Shinobu Time (Onimonogatari)
  5. Hitagi end (Koimonogatari)
Penjelasan: Kalimat yang dicetak tebal adalah sub judul dan Kalimat diluar kurung adalah nama arc.

5. Hanamonogatari (2014)

Hanamonogatari memiliki 5 episode dan 1 arc yaitu:
  1. Suruga Devil

#Season 3

6. Tsukimonogatari (2014)

Tsukimonogatari memiliki 4 episode dan 1 arc yaitu:
  1. Yotsugi Doll

7. Owarimonogatari (2015)

Owamonogatari memikiki 12 episode dan 4 arc yaitu:
  1. Ougi Formula
  2. Sodachi Riddle
  3. Sodachi Lost
  4. Shinobu Mail

8. Koyomimonogatari (2016)

Koyomimonogatari merupakan anime berjenis ONA, Koyomimonogatari sendiri memiliki cerita pendek sekitar 14 menit/episode dan mempunyai 12 cerita serta arc disetiap episodenya.
  1. Koyomi Stone
  2. Koyomi Flower
  3. Koyomi Sand
  4. Koyomi Water
  5. Koyomi Wind
  6. Koyomi Tree
  7. Koyomi Tea
  8. Koyomi Mountain
  9. Koyomi Torus
  10. Koyomi Seed
  11. Koyomi Nothing
  12. Koyomi Dead

9. Kizumonogatari Trilogi series (2016-2017)

Kizumonogatari terdapat tiga serial movie dan satu Arc yaitu:
Trilogi movie:
  1. Kizumonogatari I: Takketsu-hen (2016)
  2. Kizumonogatari II: Nekketsu-hen (2016)
  3. Kizumonogatari III: Reiketsu-hen (2017)
Arc:
  1. Koyomi Vamp

10. Owamonogatari Ge (2017)

Owamonogatari Ge terdapat 7 episode dan 3 arc yaitu:
  1. Mayoi Hell
  2. Hitagi Rendezvous
  3. Ougi Dark

11. Zoku Owarimonogatari (2019)

Terdapat 1 Arc dan 6 episode, yaitu:
  1. Koyomi Reverse

12. Orokamonogatari

Belum ada informasi


Urutan Monogatari Series Berdasarkan Jalan Cerita

Yang saya dapat pertama kali menonton berdasarkan tanggal rilis malah disitu saya menemukan banyak spoiler, terutama setelah nonton seri Hanamonogatari. Namun kedua cara atau metode tersebut tidaklah buruk, semuanya tergantung selera Anda.

Oke, berikut urutan anime monogatari series berdasarkan jalan cerita.

1. Kizumonogatari I: Tekketsu-hen

Kizumonogatari I: Tekketsu-hen
Lihat SinopsisKisah Monogatari dimulai dengan pertenuan Araragi Koyomi dengan seorang Vampir bernama Kiss-Shot Acerola-Orion Heart-Under-Blade (Oshino Shinobu), ketika itu Kiss-shot terluka dan Arargi menolongnya. Namun, sebagai akibatnya ia malah berubah menjadi vampir.

2. Kizumonogatari II: Nekketsu-hen

Kizumonogatari II: Nekketsu-hen
Lihat SinopsisArargi mencoba mengambil kembali bagian tubuh Kiss-Shot yang dicuri, tetapi ia harus melawan orang-orang yang mencuri bagian tubuh Kiss-Shot dengan tidak mudah. Namun, dengan kekuatan vampirnya serta bantuan dari Oshino Meme ia mulai mencari cara untuk mengalahkan para pencuri tersebut.

3. Kizumonogatari III: Reiketsu-hen

Kizumonogatari III: Reiketsu-hen
Lihat SinopsisPerbedaan pendapat antara Kiss-Shot dan Araragi menyebebabkan mereka harus bertarung satu sama lain, pertarungan antara vampirpun terjadi. Namun tanpa diketahui Araragi, Kiss-shot mempunyai tujuan sendiri mengapa ia mau bertarung dengan penyelamatnya tersebut.

4. Nekomonogatari: Kuro

Nekomonogatari: Kuro
Lihat SinopsisHanekawa Tsubasa telah dirasuki sebuah keganjilan bernama kucing pengusik, akibatnya Hanekawa menjadi liar dan suka menyakiti orang lain. Atas hal inilah Araragi harus menemukan cara untuk menyembuhkan Hanekawa.

5. Bakemonogatari

Bakemonogatari
Lihat SinopsisSetelah Araragi menjadi manusia setengah vampir, kini ia dipertemukan dengan berbagai macam keganjilan yang sangat komplek disekitarnya, mulai dari teman sekelas, adik kelas, teman adik perempuannya, hantu anak kecil dan Hanekawa.

6. Nisemonogatari

Nisemonogatari
Lihat SinopsisSetelah keganjilan muncul disekitar temannya, kini berbagi keganjilan mulai muncul kembali. Sekarang keganjilan ini mulai menyasar kepada dua adik perempuannya, yaitu Araragi Karen dan Araragi Tsukihi.

7. Monogatari Series: Second Season

Monogatari Series: Second Season
Lihat SinopsisMonogatari Series: Second Season mengikuti kisah Koyomi Araragi dan teman-temannya yang berurusan dengan penampakan, keanehan, dan dewa-dewa. Ketika Araragi harus memutuskan jalur masa depannya, dia menghadapi ancaman sebuah penampakan harimau yang mengincar Hanekawa. Dalam perjuangan melawan kegelapan, mereka mencari jalan untuk menyelamatkan diri dan teman-teman mereka.
Dalam series ini dibagi menjadi 5 bagian yaitu:

#7.1. Nekomonogatari: Shiro

Saat dalam perjalanan ke sekolah Hanekawa bertemu dengan harimau putih dan setelah itu rumahnya terbakar, dengan terpaksa ia harus mengungsi dan memutuskan untuk tinggal digedung sekolah kosong bekas markas Oshino Meme. Senjougahara mengetahui keadaan Hanekawa dan berusaha menolongnya, namun saat mencoba memanggil bantuan dari Araragi, tiba-tiba Araragi tidak dapat dihubungi (menghilang). Kini mereka berdua harus dapat menyelesaikan masalah ini dan memecahkan misteri hubungan antara harimau putih dan kejadian aneh (kebakaran) yang terjadi baru-baru ini.

#7.2. Kabukimonogatari

Araragi dan Shinobu kembali ke masa lalu dimana saat itu Hachikuji Mayoi masih hidup, dimasa depan Hachikuji telah mati dan menjadi hantu. Saat itu Araragi mencoba untuk mencegah kematian Hachikuji dan berhasil. Namun setelah kembali ke masa depan dunia telah hancur, tetapi ia bertemu dengan Hachikuji dewasa yang berhasil ia selamatkan dan sekarang Araragi harus menemukan cara untuk menyelamatkan dunia serta mencari tahu mengapa dunia bisa hancur?

#7.3. Otorimonogatari

Senguko Nadeko teman dari Araragi Tsukihi menyukai Araragi Koyomi, sayangnya Araragi Koyomi telah berpacaran dengan Senjougara dan menyebabkan cintanya bertepuk sebelah tangan. Perasaan Nadeko terhadap Araragi tidak berubah, saat itu ia bertemu dengan seekor roh ular putih yang akan mengabulkan segala permintaanya dengan syarat ia mau mencari jasadnya yang hilang.

#7.4. Onimonogatari

Sebuah keganjilan berwujud kegelapan mengejar Hachikuji dan Araragi, namun mereka berhasil lolos, dan tiba-tiba Hachikuji pinsan. Mereka mulai membahas tentang kejadian tersebut bersama Shinobu yang sebelumnya pernah bertemu dengan keganjilan kegelapan dimasa lalunya. Atas saran Yotsugi, akhirnya Araragi mencoba mencari tahu dan meminta bantuan kepada Gaen Izuko.

#7.5. Koimonogatari

Sengoku Nadeko telah menjadi Dewa Ular, kini ia ingin membunuh Araragi. Namun, berkat negosiasi Senjougahara ia akan menunda eksekusi terhadap Araragi sampai hari kelulusan SMA. Untuk mencegah hal tersebut, Senjougahara meminta bantuan Kaiki, yaitu orang yang pernah menipunya dulu. Ia terpaksa meminta bantuannya dan meminta Kaiki menipu sang Dewa Ular, Sengoku Nadeko.

8. Tsukimonogatari

Tsukimonogatari
Lihat SinopsisBayangan Araragi tiba-tiba menghilang dari cermin, ia bertanya kepada Shinobu tetapi ia tidak tahu terlalu banyak hingga ia memutuskan untuk bertanya kepada Gaen Izuko. Namun Gaen menyuruh Araragi untuk pergi ke kuil Shirahebi utara untuk bertemu seseorang disana. Disana ada gadis boneka Oonoki Yotsugi, akhirnya setelah itu petualangan mereka dimulai untuk memecahkan misteri keganjilan yang menimpa Araragi.

9. Owarimonogatari

Owarimonogatari
Lihat SinopsisOshino Ougi ia adalah perempuan yang mengaku sebagai keponakan dari Oshino Meme, gadis misterius ini bersama dengan Araragi Koyomi mulai menguak masa lalu Araragi Koyomi pada saat masih SMP.

10. Koyomimonogatari

Koyomimonogatari
Lihat SinopsisIni merupakan anime ONA singkat yang merupakan cerita sampingan dari Bakemonogatari, Nisemonogatari, Nekomonogatari: Kuro, Monogatari Series: Second Season, Tsukimonogatari dan Owarimonogatari. Namun dalam dua Arc terakhir yaitu Koyomi Nothing (episode 11) dan Koyomi Dead (episode 12) merupakan prequel dari cerita selanjutnya dan memiliki keterkaitan cerita yang sangat dekat.

11. Owarimonogatari 2nd Season

Owarimonogatari 2nd Season
Lihat SinopsisKini Araragi terbangun dan bertemu dengan Hachikuji yang telah lama tidak terlihat, namun setelah diketahui ternyata ia berada dineraka dan kini ia harus mencari tahu alasan kenapa ia ada disini serta mencari cara untuk keluar dari tempat tersebut.

12. Zoku Owarimonogatari

Zoku Owarimonogatari
Lihat SinopsisKetika sedang bercermin tiba-tiba ia terserap dan masuk ke dalam cermin. Namun saat ia bangun dan tersadar bahwa ia berada didunia lain dari sisi cermin, dimana terdapat beberapa hal yang terbalik, serta ia tidak dapat memanggil maupun bertemu dengan Shinobou.

13. Hanamonogatari

Hanamonogatari
Lihat SinopsisSetelah lulusnya Araragi Koyomi dari SMA, Kanbaru Suruga bertemu dengan teman lamanya sekaligus lawan mainnya di tim basket, Numachi Rouka. Setelah pertemuannya tersebut keganjilan tangan monyet yang ia miliki menghilang. Meskipun ia senang, tetap saja hal itu membuatnya penasaran, hingga akhirnya ia bertemu Kaiki dan Kaiki menjelaskan banyak hal kepada Kanbaru. Namun, ada hal yang sangat penting yang tidak ia ketahui dari teman lamanya tersebut, dan hal tersebut pula yang akan menyebabkan kejadian aneh berikutnya dalam cerita ini.

Jadi, cara mana yang harus diikuti, menonton berdasarkan tanggal rilis atau jalan cerita? Tentu saja Menonton Berdasarkan Tanggal Rilis adalah cara paling worth it untuk anime ini. Namun, jika suatu hari Anda ingin rewatch, saya sarankan untuk menontonnya berdasarkan jalan cerita.

Oke, mungkin itu saja untuk artikel kali ini.

Terimakasih sudah membaca!

Artikel Terkait