Urutan Anime Jojo no Kimyou na Bouken

Jojo no Kimyou na Bouken (Bahasa Inggris: JoJo's Bizarre Adventure) adalah manga yang ditulis oleh Hirohiko Araki sejak 1987. Terdapat 131 volume manga yang dihasilkan, terhitung sampai sekarang dan kemungkinan akan terus bertambah seiring manga ini terus diupdate. Ada beberapa judul anime yang diadaptasi dari manga ini, seperti: Jojo's Bizarre Adventure (OVA), Phantom Blood (Film) dan Jojo's Bizarre Adventure (Seri TV).

1. JoJo no Kimyou na Bouken

JoJo no Kimyou na Bouken
Lihat SinopsisKujo Jotaro adalah siswa SMA Jepang yang normal dan populer, sampai dia berpikir bahwa dia dirasuki oleh roh, dan mengunci dirinya di penjara. Setelah melihat kakeknya, Joseph Joestar melawan teman Joseph, Muhammad Abdul, Jotaro mengetahui bahwa "Spirit" sebenarnya adalah Star Platinum, Stand-nya, atau energi pertempuran yang diberikan dalam bentuk semi-padat. Kemudian, ibunya memperoleh Stand, dan menjadi sakit. Jotaro mengetahui bahwa itu karena vampir Dio Brando telah dihidupkan kembali 100 tahun setelah kekalahannya dari Jonathan Joestar, kakek buyut Jotaro. Jotaro memutuskan untuk bergabung dengan Joseph dan Abdul dalam perjalanan ke Mesir untuk mengalahkan Dio sekali dan untuk selamanya.

Jojo's Bizarre Adventure versi seri TV telah memiliki banyak judul yang telah sukses ditayangkan dan banyak mendapatkan perhatian dari para fans anime dan para fans Jojo's sendiri.
Untuk urutan anime Jojo yang akan saya tulis dibawah ini, akan saya bagi dua; pertama berdasarkan tanggal rilis dan kedua berdasarkan jalan cerita.

Daftar isi

Urutan Jojo's Bizarre Adventure Berdasarkan Tanggal Rilis

Judul Tipe Rilis
1. JoJo no Kimyou na Bouken OVA November 19, 1993 - November 18, 1994
Kujo Jotaro adalah siswa SMA Jepang yang normal dan populer, sampai dia berpikir bahwa dia dirasuki oleh roh, dan mengunci dirinya di penjara. Setelah melihat kakeknya, Joseph Joestar melawan teman Joseph, Muhammad Abdul, Jotaro mengetahui bahwa "Spirit" sebenarnya adalah Star Platinum, Stand-nya, atau energi pertempuran yang diberikan dalam bentuk semi-padat. Kemudian, ibunya memperoleh Stand, dan menjadi sakit. Jotaro mengetahui bahwa itu karena vampir Dio Brando telah dihidupkan kembali 100 tahun setelah kekalahannya dari Jonathan Joestar, kakek buyut Jotaro. Jotaro memutuskan untuk bergabung dengan Joseph dan Abdul dalam perjalanan ke Mesir untuk mengalahkan Dio sekali dan untuk selamanya.
2. JoJo no Kimyou na Bouken: Adventure OVA Mei 25, 2000 - Januari 25, 2002
Kujo Jotaro adalah siswa SMA Jepang yang normal dan populer, sampai dia berpikir bahwa dia dirasuki oleh roh, dan mengunci dirinya di penjara. Setelah melihat kakeknya, Joseph Joestar melawan teman Joseph, Muhammad Abdul, Jotaro mengetahui bahwa "Spirit" sebenarnya adalah Star Platinum, Stand-nya, atau energi pertempuran yang diberikan dalam bentuk semi-padat. Kemudian, ibunya memperoleh Stand, dan menjadi sakit. Jotaro mengetahui bahwa itu karena vampir Dio Brando telah dihidupkan kembali 100 tahun setelah kekalahannya dari Jonathan Joestar, kakek buyut Jotaro. Jotaro memutuskan untuk bergabung dengan Joseph dan Abdul dalam perjalanan ke Mesir untuk mengalahkan Dio sekali dan untuk selamanya.
3. JoJo no Kimyou na Bouken: Phantom Blood Pilot OVA Maret 28, 2004
Video animasi berdurasi 2 menit yang menyoroti poin-poin penting dalam pertempuran antara Jonathan Joestar yang pemberani dan saudara angkatnya Dio Brando, yang telah berubah menjadi vampir yang kuat.
4. JoJo no Kimyou na Bouken: Phantom Blood Movie Februari 17, 2007
Sebuah adaptasi dari lima arc asli manga JoJo's Bizarre Adventure yang populer, yang mencakup bab Phantom Blood. Jonathan Joestar adalah seorang anak bangsawan yang hidupnya tiba-tiba terbalik oleh seorang anak baru misterius yang datang, Dio Brando. Dio memiliki hubungan dengan ayahnya, dan seiring waktu, persaingan terbentuk saat Dio terobsesi dengan topeng batu misterius, kuno, dan mistis yang disimpan ayah Jonathan.
5. JoJo no Kimyou na Bouken (TV) TV Oktober 6, 2012 - April 6, 2013
Pada tahun 1868, Dario Brando menyelamatkan nyawa seorang bangsawan Inggris, George Joestar. Dia merawat putra Dario,yaitu Dio. Setelah ayah Dio meninggal, George berharap dengan keputusannya ini ia dapat membayar hutangnya terhadap Dario. Sayangnya Dio tidak puas dengan kehidupannya, sehingga dia mempunyai rencana untuk merebut rumah Joestar. Dengan menggunakan kekuatan supranatural topeng batu Aztec , ia memulai niat busuknya untuk menghancurkan George dan putranya, Jonathan "JoJo" Joestar.

50 tahun kemudian, di New York City, cucu Jonathan Joseph Joestar menemukan warisan yang ditinggalkan kakeknya. Saat penggalian arkeologis, ia menemukan kebenaran di balik topeng batu tersebut, ia menyadari bahwa ia adalah satu-satunya yang dapat mengalahkan Manusia Pilar, yaitu makhluk mistis dari kekuatan tak terhingga.
6. JoJo no Kimyou na Bouken Part 3: Stardust Crusaders TV April 5, 2014 - September 13, 2014
Di penjara Jepang terdapat seorang pria 17 tahun yaitu Joutarou Kuujou, Dia merupakan seorang Pejuang. Dia memiliki kekuatan yang luar biasa, bahkan sampai diluar kendalinya. Diberbagai belahan dunia, roh-roh jahat bangkit, mereka disebut "Stand" yaitu makhluk tak kasatmata mengerikan yang memberi kekuatan luar biasa. Namun, ketika Stand bangkit di dalam tubuh Holly dan mengancam akan memakannya dalam 50 hari, Joutarou harus menggunakan kekuatan gelapnya dan melakukan perjalanan ke Kairo, Mesir, tempat seorang vampir berusia seratus tahun yang haus akan darah keluarganya. Dalam perjalannya yang panjang, mereka dihadapi berbagai rintangan dan musuh kuat yang siap membunuh mereka
7. JoJo no Kimyou na Bouken Part 3: Stardust Crusaders 2nd Season TV Januari 10, 2015 - Juni 20, 2015
Joutarou Kuujou dan teman-temannya akhirnya berhasil sampai ke Mesir, ditempat Dio sang vampir yang abadi menunggu. Sesampainya disana mereka mendapatkan anggota baru yaitu Iggy, seorang anjing kampung yang mempunyai Stand "The Fool". Tetapi disana mereka bertemu dengan pengguna Stand yang melayani Dio, dengan masing-masing memiliki perwakilan Stand dari dewa Mesir kuno.
8. JoJo no Kimyou na Bouken Part 4: Diamond wa Kudakenai TV April 2, 2016 - Desember 24, 2016
Pada tahun 1999. Morioh, sebuah kota yang biasanya tenang dan damai, tiba-tiba dikejutkan dengan sebuah aktivitas aneh. Joutarou Kuujou, sekarang adalah seorang ahli biologi kelautan yang menuju ke kota misterius untuk bertemu dengan Jousuke Higashikata. Jousuke Joseph Joestar adalah anak haram pertama dari kakek Joutarou. Ketika mereka bertemu, Joutarou menyadari bahwa dia memiliki banyak kesamaan dengan Juke lebih dari hubungan darah.
9. JoJo no Kimyou na Bouken Part 5: Ougon no Kaze TV Oktober 6, 2018 - Juli 28, 2019
Naples, 2001. Giorno Giovanna adalah penjahat kecil-kecilan dengan satu impian besar yaitu untuk menjadi "Gang-Star." Bukan hanya pencuri biasa, Giorno memiliki hubungan dengan garis keturunan Joestar yang luar biasa dan memiliki Stand bernama Gold Experience. Mimpinya mulai menjadi kenyataan ketika dia bertemu Bruno Buccellati yang merupakan seorang mafia dari gang Passione dan sesama pengguna Stand sendiri. Menyadari bahwa mereka memiliki tujuan yang sama, bahkan keduanya juga tidak setuju dengan gang yang berbahaya. Atas dasar tersebutlah keduanya berambisi untuk membuat gang Passione menjadi gang yang terhormat.
10. JoJo no Kimyou na Bouken Part 5: Ougon no Kaze Recaps Special Januari 5, 2019 - Mei 4, 2019
Rekapan cerita JoJo no Kimyou na Bouken Part 5: Ougon no Kaze
11. Kishibe Rohan wa Ugokanai OVA September 20, 2017 - Maret 25, 2020
Kishibe Rohan wa Ugokanai mengadaptasi beberapa one-shot berdasarkan serial manga JoJo no Kimyou na Bouken, dan mengikuti petualangan aneh yang dialami Rohan Kishibe saat ia mencari inspirasi untuk manganya.
12. JoJo no Kimyou na Bouken Part 6: Stone Ocean ONA Desember 1, 2021
Florida, 2011, Jolyne Kuujou duduk di sel penjara seperti yang pernah dilakukan ayahnya, Joutarou. Namun situasi ini bukan pilihannya sendiri. Dia dijebak untuk kejahatan yang tidak dia lakukan, dan dimanipulasi untuk menjalani hukuman yang lebih lama, Jolyne siap untuk mengundurkan diri dari nasib buruk sebagai tahanan Penjara Jalanan Green Dolphin. Meskipun semua harapan tampaknya hilang, hadiah dari Joutarou akhirnya membangkitkan kemampuan terpendamnya, bermanifestasi ke dalam Stand-nya, Stone Free. Sekarang dipersenjatai dengan kekuatan untuk mengubah nasibnya, Jolyne berangkat untuk melakukan pelarian dari lautan batu yang menahannya.

Namun, dia segera mengetahui bahwa penahanannya hanyalah bagian kecil dari plot besar yang tidak hanya membidik keluarganya, tetapi memiliki konsekuensi tambahan yang jauh jangkauannya. Terlebih lagi, dalangnya bersembunyi di penjara yang sama, dan berada di bawah perlindungan barisan pengguna Stand yang kuat. Menemukan sekutu yang tidak mungkin untuk membantu perjuangannya, Jolyne menetapkan tujuan untuk menghentikan rencana mereka, membersihkan namanya, dan mengambil kembali hidupnya.
13. JoJo no Kimyou na Bouken Part 6: Stone Ocean Part 2 ONA September 2022
Setelah percobaan penyelamatan yang gagal, Jolyne Kuujou ditahan dan dikirim ke isolasi di penjara. Di sana, dia berusaha mengungkap rencana jahat dari Whitesnake, sebuah Stand yang penggunanya masih belum diketahui.

Pengguna Whitesnake ternyata adalah Enrico Pucci, seorang imam di penjara tersebut. Pucci memiliki hubungan dengan penjahat yang pernah melawan keluarga Joestar. Dengan bantuan narapidana lain, Jolyne bertarung melawan pengguna Stand musuh, sementara Pucci menjalankan rencananya yang jahat.

Saat dampak dari rencana Pucci mengancam dunia, Jolyne bersama dengan teman-temannya memutuskan untuk menghentikan kejahatan itu, bahkan jika itu berarti mengorbankan hidup mereka sendiri.
14. JoJo no Kimyou na Bouken Part 6: Stone Ocean Part 3 ONA Des 1, 2022
Setelah berhasil kabur dari penjara, Jolyne Kuujou dan teman-temannya mengejar Enrico Pucci di Florida. Mereka harus melawan pengguna Stand musuh sambil menghalangi rencana jahat Pucci untuk mengubah dunia. Pucci berusaha memenuhi keinginan Dio Brando dengan menciptakan dunia di mana semua orang menjadi budak takdir. Tanpa bantuan Joutarou, Jolyne harus menggunakan semua yang dia miliki untuk menghadapi Pucci dalam pertarungan terakhir.
Untuk Anda yang ingin menonton berdasarkan tanggal rilis, itu sangat direkomendasikan. Tetapi, ada beberapa judul yang saya kira tidak perlu ditonton atau opsional saja.

Oleh karena itu saya menandai judul mana saja yang tak perlu ditonton dan opsional. Warna Merah boleh Anda lewati atau tak perlu ditonton, warna Biru Opsional dan sisanya harus ditonton. Ya, meskipun pada akhirnya Anda bisa menonton semuannya jika Anda dapat menemukan animenya.

Urutan Jojo's Bizarre Adventure Berdasarkan Jalan Cerita


Untuk berdasarkan jalan cerita memang sedikit membingungkan, tetapi, sebenarnya hal tersebut tidak terlalu sulit untuk di pahami. Berdasarkan Bagan diatas saya membagi dua jalan cerita; pertama jalan cerita lama dan kedua berdasarkan jalan cerita modern. Jalan cerita lama saya tandai dengan panah warna kuning dan jalan cerita modern saya tandai dengan warna panah hijau, serta sisanya yang warna putih merupakan versi alternatif, cerita sampingan dan Episode spesial/Rekap.

Terimakasih sudah membaca!

Artikel Terkait