15 Anime Sad Ending Terbaik Yang Bikin Baper

Siapa yang tidak suka menonton anime yang membuat hati terenyuh dan menangis tersedu-sedu? Memang, anime dengan akhir sedih bisa menjadi obat bagi yang merasa bosan dengan cerita yang klise dan terduga-duga. Dalam artikel ini, saya akan membahas anime sad ending terbaik yang pasti akan membuat Anda baper dan tak bisa move on dalam waktu yang lama.

Menonton anime semacam ini tidak hanya memberikan pukulan emosional, tetapi juga pelajaran berharga tentang menghargai hidup kita sebelum hal buruk terjadi.

Bersiaplah untuk menangis dan terpukul emosional dengan daftar anime sad ending terbaik berikut ini:

Daftar isi

1. Akame ga Kill!

Akame ga Kill!
Lihat SinopsisDi dunia penuh dengan kejahatan, Tatsumi pergi ke kota untuk mendapatkan uang untuk desanya yang sedang dilanda kelaparan. Ia menemukan sebuah dunia yang penuh dengan korupsi hingga tak terbayangkan, semua berawal dari Perdana Menteri yang mengendalikan Kaisar. Setelah hampir menjadi korban kejahatan negara itu sendiri, Tatsumi direkrut oleh Night Raid. Sebuah kelompok pembunuh yang membunuh para pelaku kejahatan dikota tersebut.

2. Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai. Movie

Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai. Movie
Lihat SinopsisBerkisah tentang persahabatan 6 orang anak. Namun setelah salah satu dari mereka meninggal yaitu Menma, merekapun berpisah. Ketua dari kelompok anak tersebut yaitu Jinta stress dan memutuskan menjadi Hikikimori, karena sebenarnya Ia memiliki perasaan terhadap Menma. 10 tahun kemudian pada saat musim panas Jinta bertemu arwah Menma, Menma meminta Jinta untuk mengabulkan permohonannya. Karena Menma tidak ingat apa permohonannya saat masih hidup dan Jinta ingin mengabulkan permohonan tersebut, akhirnya Jinta berusaha mengumpulkan kelompok lamanya tersebut untuk mengetahui apa sebenarnya permohonan Menma.

3. Plastic Memories

Plastic Memories
Lihat SinopsisBerlatar di sebuah kota masa depan, dimana terdapat robot android bernama Giftia. Giftia adalah android yang memiliki sifat, ingatan dan perasaan seperti manusia. Namun sayangnya usia Giftia hanya 81.920 jam (sekitar 9 tahun 4 bulan). Sehingga saat melewati masa tersebut Giftia akan kehilangan ingatannya dan mengamuk, untuk itulah Terminal Service didirikan yang bertujuan untuk mengambil Giftia sebelum tanggal kadaluarsanya dengan cara menghapus ingatannya. Mizugaki Tsukasa mulai bekerja di Terminal Service sebagai Spotter dan rekannya seorang gadis Giftia bernama Isla sebagai Marksman, meskipun hubungan mereka awalnya tidak begitu baik. Namun lambat laun hubungan mereka mulai membaik sampai mereka memiliki perasaan satu sama lain, meskipun Tsukasa belum mengetahui usia Isla tinggal sekitar 1 bulan.

4. Clannad

Clannad
Lihat SinopsisKisah dua Kakak beradik Seita dan Setsuko yang berjuang untuk bertahan hidup setelah Amerika menghujani Kobe dengan bom secara besar-besaran pada perang dunia II. Dalam ketidak berdayaan dan ketidak pedulian bahkan lebih menyakitkan dari serangan musuh, tetapi keadaan tersebut tidak membuat mereka menyerah dan terus berusaha untuk bangkit. Meskipun orang tua mereka telah meninggal, kedua kakak beradik itu terus berjuang sehingga menginspirasi warga yang lain.

5. Tokyo Magnitude 8.0

Tokyo Magnitude 8.0
  • Tipe: TV
  • Episode: 11
  • Rilis: Jul 10, 2009 - Sep 18, 2009
  • Genre: Drama
Lihat SinopsisOnozawa Mirai dan Onozawa Yuuki adalah adik kakak yang saat itu berkunjung ke Jembatan Odaiba. Naas bagi mereka, tiba-tiba terjadi gempa yang menyebabkan mereka terpisah. Namun mereka berhasil kembali bersama berkat Kusukabe Mari, karena khawatir dengan keadaan orang tuanya. Mereka memutuskan untuk melihat kedaan orang tua mereka, saat mereka mencoba melihat kedaan rumah mereka dari Tokyo Tower. Tiba-tiba gempa susulan datang dan membuat Tokyo Tower runtuh, Yuuki yang mencoba menyelamatkan Mirai justru terluka kepalanya terkena reruntuhan sehingga membuatnya harus dirawat.

6. Angel Beats!

Angel Beats!
Lihat SinopsisDunia dimana orang-orang hidup sebelum reinkarnasi yaitu afterlife (akhirat), Yuzuru Otonashi adalah salah satu penghuni afterlife. Di tempat tersebut terdapat sekolah yang bertujuan untuk menghilangkan beban dan penyesalan ketika mereka masih hidup sebelum bereinkarnasi, termasuk Otonashi yang bersekolah disana. Namun, sayangnya Otonashi mengalami amnesia sehingga Ia tidak dapat mengingat masa lalunya. Dalam kehidupannya diakhirat Ia bertemu dengan Yuri yang mengajaknya bergabung dengan SSS, sebuah organisasi yang melawan tuhan untuk protes atas kejamnya kehidupan mereka sebelumnya.

7. Ansatsu Kyoushitsu

Ansatsu Kyoushitsu
Lihat SinopsisKetika makhluk misterius memotong bulan jadi berbentuk bulan sabit, siswa kelas 3-E dari SMP Kunugigaoka dihadapkan dalam tugas besar. Yaitu, mereka diperintahkan untuk membunuh makhluk yang bertanggung jawab yang telah memotong bulan sebelum Bumi mengalami nasib sama. Namun, makhluk itu yang dijuluki Koro-sensei (guru yang tidak bisa dihancurkan), ia dapat terbang dengan kecepatan hingga Mach 20. Lebih jauh lagi, kelas 3-E mengetahui bahwa dia adalah guru terbaik yang pernah mereka miliki!

8. Death Parade

Death Parade
Lihat SinopsisSetelah kematian, tidak ada surga atau neraka, hanya ada palang yang berdiri di antara pintu reinkarnasi dan pintu menuju ruang kehampaan. Tempat itu bernama Quindecim, mirip sebuah bar yang menyediakan banyak permainan. Di sana ada petugas yang akan menguji pasangan yang baru saja meninggal dengan sebuah permainan yang diacak, seperti bowling, dart, air hockey, dll.

Pasangan tersebut akan bersaing satu sama lain untuk menentukan akhir dari tujuan mereka, reinkarnasi atau masuk ke ruang kehampaan. Tentu saja, sifat asli dari masing-masing pasangan akan terkuak disini. Karena setiap konsekuensi kekalahan yang dialami pemain akan menyebabkan dibagian tubuh tertentu, seperti bagian alat vital yang seperti dihantam bola bowling.

9. Hotarubi no Mori e

Hotarubi no Mori e
Lihat SinopsisHotaru adalah anak perempuan yang memiliki teman seorang siluman Youkai bernama Gin. Semuanya bermula ketika musim panas, Hotaru tersesat di hutan dan ditemukan oleh Gin yang memakai topeng seperti rubah. Semenjak saat itulah Hotaru mulai berteman dengan Gin, namun ada suatu kelemahan yang dimiliki Gin. Yaitu, jika Ia disentuh manusia maka Gin akan menghilang. Oleh sebab itulah Hotaru tidak dapat menyentuh Gin.

10. Banana Fish

Banana Fish
Lihat SinopsisAslan Jade Callenreese, dikenal sebagai Ash Lynx, adalah anak jalanan Kota New York dan dibesarkan oleh ayah mafia yang terkenal, Dino Golzine. Sekarang berusia 17 tahun dan memnjadi bos gengnya sendiri, Ash mendapatkan obat misterius yang disebut "Banana Fish", dua kata yang sama yang diucapkan oleh kakaknya, Griffin, sejak dia kembali dari Perang Irak. Namun, penyelidikannya terhalang ketika Dino mengirim anak buahnya untuk mengambil obat dari Ash di bar bawah tanah yang dia gunakan sebagai tempat persembunyian.

Di bar, Skip, teman Ash, memperkenalkannya kepada Shunichi Ibe dan asistennya, Eiji Okumura, yang merupakan fotografer Jepang yang melaporkan tentang geng jalanan Amerika. Namun, percakapan mereka terputus ketika Shorter Wong, salah satu sekutu Ash, menelepon untuk memperingatkannya tentang Dino. Segera, anak buah Dino menyerbu bar, dan menculik Skip serta Eiji. Sekarang, Ash harus menemukan cara untuk menyelamatkan mereka dan melanjutkan penyelidikannya mengenai Banana Fish ini.

11. Hotaru no Haka

Hotaru no Haka
Lihat SinopsisKisah dua Kakak beradik Seita dan Setsuko yang berjuang untuk bertahan hidup setelah Amerika menghujani Kobe dengan bom secara besar-besaran pada perang dunia II. Dalam ketidak berdayaan dan ketidak pedulian bahkan lebih menyakitkan dari serangan musuh, tetapi keadaan tersebut tidak membuat mereka menyerah dan terus berusaha untuk bangkit. Meskipun orang tua mereka telah meninggal, kedua kakak beradik itu terus berjuang sehingga menginspirasi warga yang lain.

12. Kimi no Suizou wo Tabetai

Kimi no Suizou wo Tabetai
Lihat SinopsisShiga Haruki adalah seorang introvert dan kutu buku, secara kebetulan Ia menemukan sebuah buku yang berjudul "Teman Sakit". Ternyata buku tersebut milik Yamauchi Sakura yang mengatakan Ia memiliki penyakit Pankreas dan hidupnya tidak akan lebih lama dari setahun. Setelah itu mereka bertemu dan melakukan segala hal yang ingin Sakura lakukan sebelum Ia meninggal.

13. Shigatsu wa Kimi no Uso

Shigatsu wa Kimi no Uso
Lihat SinopsisArima Kousei adalah seorang anak berbakat dalam bermain piano. Namun setelah ibunya meninggal, Kousei tidak dapat mendengar suara dentingan piano lagi. Akibatnya Ia tidak dapat bermain piano lagi, sehingga membuatnya mengalami penurunan mental. Hanya Sawabe Tsubaki dan Watari Ryota yang menjadi teman Kousei karena semenjak saat itu Ia seakan menutup dengan dunia luar. Hingga suatu saat Ia bertemu dengan Miyazono Kaori seorang pemain biola yang memaksanya bermain piano lagi dan mengubah kehidupannya.

14. Violet Evergarden

Violet Evergarden
  • Tipe: TV
  • Episode: 13
  • Rilis: Jan 11, 2018 - Apr 5, 2018
  • Genre: Drama, Fantasy
Lihat SinopsisSetelah 4 tahun konflik yang panjang, perang besar akhirnya berakhir. Namun, benua Telesis dibagi jadi dua dan perlahan mulai berkembang kembali. Violet Evergarden adalah seorang gadis muda yang terperangkap dalam pertumpahan darah, ia dibesarkan untuk tujuan menghancurkan garis musuh. Diopname dan cacat akibat pertempuran, dia ditinggalkan hanya dengan kata-kata dari orang yang dia sayangi, tetapi tanpa pemahaman akan maknanya.

Ketika sembuh dari luka-lukanya, Violet memulai kehidupan barunya dengan bekerja di CH Postal Services setelah berselisih dengan keluarga angkatnya yang baru. Di sana, ia menyaksikan karya "Auto Memory Doll," amanuenses yang mentranskripsikan pikiran dan perasaan orang ke dalam kata-kata di atas kertas. Tergerak oleh hal itu, Violet mulai bekerja sebagai Auto Memory Doll, sebuah perdagangan yang akan membawanya pada petualangan, yang akan membentuk kembali kehidupan barunya.

15. Cowboy Bebop

Cowboy Bebop
Lihat SinopsisPada tahun 2071, umat manusia telah menjajah beberapa planet dan bulan di tata surya dan meninggalkan planet Bumi yang sekarang tidak dapat dihuni. Polisi Inter Tata Surya berupaya untuk menjaga perdamaian di galaksi, sebagian dibantu oleh pemburu bayaran ilegal, disebut sebagai "Koboi." Tim ragtag di atas pesawat ruang angkasa Bebop adalah dua orang Koboi.

Spike Spiegel dan Jet Black mencari nafkah dengan cara mengejar hadiah dan mengumpulkan hadiah. Ein, seorang Welsh Corgi yang sangat direkayasa secara genetika; femme fatale Faye Valentine, seorang penipu yang penuh misterius karena kehilangan ingatan; dan bocah jago komputer Edward Wong. Kru koboi tersebut memulai petualangan mendebarkan yang mengungkap masa lalu gelap dan misterius pada setiap anggotanya sedikit demi sedikit.

Itulah beberapa anime sad ending terbaik yang menyentuh hati. Anime semacam ini memiliki pesan dan pelajaran berharga tentang kehidupan, cinta, dan kehilangan. Siapkan tisu saat menonton, karena pasti akan membuat Anda menangis. Semoga artikel ini memberikan rekomendasi anime yang tepat untuk menemani waktu luang Anda.

Terima kasih telah membaca!

Artikel Terkait