20+ Anime tentang Perjodohan Terbaik

Anime romance masih menjadi salah satu genre terfavorit dan setiap musimnya anime dengan genre ini setidaknya masuk dalam 10 besar anime populer. Tentu saja, meskipun memiliki tema maupun plot yang bisa dikatakan mainstream, tetapi tetap saja masih banyak penggemar tersendiri yang menyukainya.

Selain menyinggung tema cinta segitiga maupun harem, salah satu tema yang tidak boleh Anda lewatkan adalah anime tentang perjodohan. Kedengarannya seperti tema sinetron lokal saja, tapi ini memang sudah umum untuk sebuah cerita hiburan yang bertemakan romantika.

Untuk itu, beberapa anime romance yang akan saya tulis di bawah ini bisa menjadi rekomendasi buat Anda yang mencari Anime dengan Tema Perjodohan.

Daftar isi

1. Nisekoi

Nisekoi
Lihat SinopsisIchijou Raku adalah seorang anak dari ketua geng Yakuza, Raku mempunyai janji 10 tahun lalu kepada seorang gadis bahwa Ia akan menikahinya dimasa yang akan datang. Sebagai bukti janji, Raku memakai Liontin yang hanya dapat dibuka oleh kunci yang dipegang oleh si gadis tersebut. Namun karena geng Yakuza dan geng Mafia sering berperang Raku di jodohkan dengan anak dari ketua geng Mafia yaitu Kirisaki Chitoge, siswi yang baru pindah ke kelas Raku. Tetapi Raku dan Chitoge menolak untuk di jodohkan, sehingga mereka membuat hubungan cinta palsu demi perdamaian antara dua kubu yang saling berperang.

2. Mikakunin de Shinkoukei

Mikakunin de Shinkoukei
Lihat SinopsisKobeni Yonomori seorang gadis remaja biasa, mendapat kejutan pada hari ulang tahunnya yang ke-16, yaitu tunangan dan saudara ipar yang bahkan tidak pernah dia ketahui sebelumnya datang dan tinggal di rumahnya. Perjodohan ini sendiri telah diatur oleh almarhum kakeknya, Hakuya Mitsumine dan adik perempuannya Mashiro telah pindah dari rumah pedesaan ke rumah tangga Yonomori untuk memperdalam hubungan mereka dengan anggota keluarga baru mereka.

Kisah "kehidupan cinta" Kobeni dengan Hakuya saat dia mencoba yang terbaik untuk menyesuaikan diri dengan perubahan mendadak yang dipaksakan padanya. Namun, ketika beberapa rahasia luar biasa Hakuya terungkap, itu membuat hidup Kobeni berubah drastis.

3. Boku wa Tomodachi ga Sukunai

Boku wa Tomodachi ga Sukunai
Lihat SinopsisKodaka Hasegawa kesukitan mencari teman karena Ia dikira berandalan dengan rambut pirang dan mata premannya. Di hari pertama masuk sekolah Ia tidak sengaja melihat Yozora Mizuki sedang berbicara dengan temannya didalam kelas, tetapi setelah diselidiki ternyata Mizuki sedang berbicara sendiri atau berbicara dengan teman khayalannya. Singkatnya mereka membuat grup yang dikhususkan bagi orang yang kesulitan mencari teman, kemudian beberapa orang yang mempunyai kesulitan sama masuk ke grup tersebut yang membuat situasi menjadi harem.

4. Koi to Uso

Koi to Uso
Lihat SinopsisDi masa depan, Jepang telah menerapkan sistem kompleks yang disebut sebagai "Benang Merah Ilmu Pengetahuan" untuk mendorong pernikahan yang sukses dan memerangi angka kelahiran yang semakin rendah. Berdasarkan kalkulasi kesesuaian, anak muda di usia 16 tahun ditetapkan sebagai pasangan nikah oleh pemerintah, karena hukuman berat jika menolak sistem ini, akhirnya tidak ada yang berani melanggar ketentuan pemerintah ini. Yukari Nejima, seorang remaja yang menganggap dirinya rata-rata dalam segala hal, sistem ini mungkin merupakan cara terbaiknya untuk menjalani kehidupan yang memuaskan.

Namun, karena dia menyukai Misaki Takasaki, Yukari menentang sistem ini dan mengakui cintanya. Awalnya dia ditolak, beberapa waktu kemudian Misaki membalas perasaannya. Sayangnya, sebelum keduanya dapat melanjutkan hubungan mereka, Yukari menerima pemberitahuan perjodohannya dengan Ririna Sanada. Tentu saja, hal ini menjadi tekanan tersendiri bagi Yukari yang menyukai Misaki, sedangkan pasangan yang ditentukan pemerintah adalah orang lain yang tidak ia cintai.

5. Sousei no Onmyouji

Sousei no Onmyouji
Lihat SinopsisMagano, dunia paralel yang dipenuhi monster yang dikenal sebagai "Kegare," adalah tempat di mana pengusir setan menangani semua kejahatan. Benio Adashino adalah pengusir setan ajaib yang diakui kekuatannya dan dipanggil ke Tokyo oleh Serikat Pengusir setan. Dalam perjalanannya, dia jatuh ke pelukan Rokuro Enmadou, seorang pengusir setan muda dengan masa lalu yang bermasalah.

Tapi Magano tidak berhenti. Ketika kedua pengusir setan ini menyaksikan beberapa anak yang diculik ke Kegare, Benio bergegas menyelamatkan mereka, menyeret Rokuro bersamanya ke Magano. Terlibat dalam pertarungan yang hampir dikalahkan, Benio diselamatkan oleh Rokuro, mengungkapkan dirinya mampu menjadi saingannya dalam bakat.

6. Ai Yori Aoshi

Ai Yori Aoshi
Lihat SinopsisKaoru Hanabishi, seorang mahasiswa yang tinggal sendirian, bertemu dengan seorang gadis cantik yang kebingungan mencari alamat di sebuah stasiun kereta. Dia menawarkan diri untuk membantunya mencari alamat yang dia cari, yang kebetulan berada di lingkungannya, tetapi ternyata itu adalah tempat kosong. Tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya, Kaoru mengundang gadis yang sedang bersedih itu ke apartemennya dan meminta petunjuk tambahan untuk tujuannya.

Dia memberinya foto dua anak yang langsung diidentifikasi oleh Kauru sebagai dirinya dan Aoi Sakuraba, teman masa kecilnya. Ternyata gadis di depannya adalah Aoi Sakuraba sendiri, tunangannya yang datang jauh-jauh ke Tokyo untuk menikah dengannya. Pengungkapannya tidak hanya mengejutkan tetapi juga mengingatkan bagian terdalam dari ingatan Kaoru mengapa dia meninggalkan keluarga Hanabishi sejak awal.

7. Saiunkoku Monogatari

Saiunkoku Monogatari
Lihat SinopsisShuurei Kou, seorang wanita yang berasal dari keluarga bangsawan yang jatuh miskin. Meskipun memiliki keturunan penting, keluarganya mengalami kesulitan keuangan. Ayah Shuurei bekerja sebagai arsiparis di perpustakaan kekaisaran, tetapi pendapatannya tidak mencukupi untuk kebutuhan hidup mereka.

Suatu hari, Shuurei mendapat tawaran dari seorang penasehat pengadilan: jika dia menikahi kaisar baru dan mengajarinya menjadi penguasa yang baik, dia akan diberi imbalan 500 keping emas. Shuurei menerima tawaran tersebut, terlebih lagi karena kaisar baru lebih suka pria sebagai pasangannya, sehingga dia merasa aman.

Namun, semakin lama Shuurei tinggal di istana, semakin nyata impian masa kecilnya untuk menjadi pejabat pemerintah. Namun, dia dihadapkan pada kenyataan bahwa perempuan tidak diizinkan menjadi pejabat. Shuurei harus memutuskan apakah dia akan tetap berjuang untuk impian masa kecilnya atau mengorbankannya demi membantu kaisar menjadi penguasa yang baik.

8. Seto no Hanayome

Seto no Hanayome
Lihat SinopsisSelama liburan musim panasnya, Nagasumi Michishio hampir tenggelam di Laut Pedalaman Seto, tetapi diselamatkan oleh seorang putri duyung bernama Sun Seto. Namun, menurut hukum putri duyung, Sun harus menikahi Nagasumi atau dia akan dieksekusi. Agar menghindari hukuman tersebut, Nagasumi setuju untuk menikahi Sun.

Kini, Nagasumi dan Sun harus menyembunyikan hubungan mereka dari keluarga Seto dan menghadapi berbagai gangguan yang datang dari ayah Sun, Gouzaburou. Meskipun menghadapi berbagai kesulitan, cinta mereka terus berkembang saat mereka berjuang untuk beradaptasi dengan kehidupan baru mereka.

9. Citrus

Citrus
  • Tipe: TV
  • Episode: 12
  • Rilis: Jan 6, 2018 - Mar 24, 2018
  • Genre: Drama, School
Lihat SinopsisSelama musim panas di tahun pertamanya di SMA, ibu Yuzu Aihara menikah lagi dan pindah ke sekolah baru. Bagi sosialita yang modis seperti Yuzu, acara yang tidak menyenangkan ini hanyalah kesempatan untuk mencari teman baru, jatuh cinta, dan akhirnya merasakan ciuman pertama. Sayangnya, impian dan gaya Yuzu tidak sesuai dengan gambaran barunya, sekolah khusus perempuan, yang dipenuhi dengan aturan yang tegas dan Ketua kelas yang terlalu berprestasi. Penampilannya yang mencolok berhasil menarik perhatian Mei Aihara, ketua OSIS yang cantik dan gagah, yang langsung membelai tubuh Yuzu secara sensual dalam upaya menyita ponselnya.

Benar-benar kelelahan sejak hari pertamanya, Yuzu tiba di rumah dan menemukan kebenaran yang mengejutkan, Mei sebenarnya adalah saudara tiri barunya. Meskipun Yuzu awalnya mencoba untuk bersahabat dengannya, sikap dingin Mei memaksa Yuzu untuk mulai menggodanya. Tetapi sebelum Yuzu dapat menyelesaikan kalimatnya, Mei menjatuhkannya ke tanah dan menciumnya dan Yuzu berusaha keras untuk membebaskan diri. Setelah selesai, Mei keluar dari ruangan, meninggalkan Yuzu untuk merenungkan sifat asli ciuman pertamanya, dan rahasia di balik ekspresi tersiksa di mata adik barunya.

10. Soredemo Sekai wa Utsukushii

Soredemo Sekai wa Utsukushii
Lihat SinopsisDi Kerajaan Matahari, sinar matahari adalah bagian integral dari kehidupan sehari-hari, sementara hujan adalah sesuatu yang belum pernah mereka alami. Namun, di Rain Dukedom yang jauh, cuacanya bertolak belakang, dan setiap individu memiliki kekuatan untuk memanggil hujan dengan suara mereka.

Livius Ifrikia, raja muda yang ambisius, telah menaklukkan seluruh dunia dalam waktu singkat sejak naik takhta. Mendengar tentang kekuatan menciptakan hujan, Livius memutuskan untuk menikahi Nike Remercier, salah satu putri dari Dukedom Hujan. Namun, di luar kerajaan, kabar beredar bahwa Livius adalah tiran kejam. Saat Nike mengetahui kabar tersebut, dia bersiap untuk hal terburuk.

Namun, saat Nike bertemu dengan tunangannya, Livius, dia menemukan bahwa dia jauh berbeda dari apa yang dia bayangkan.

11. Akagami no Shirayuki-hime

Akagami no Shirayuki-hime
Lihat SinopsisMeskipun namanya yang berarti "salju putih," Shirayuki adalah seorang gadis ceria, berambut merah yang tinggal di negara Tanbarun dan bekerja dengan rajin sebagai apoteker di toko herbal-nya. Hidupnya berubah drastis ketika dia diperhatikan oleh pangeran konyol Tanbarun, Pangeran Raji, yang kemudian mencoba memaksanya untuk menjadi istrinya. Tidak mau melepaskan kebebasannya, Shirayuki memotong rambut merah panjangnya dan melarikan diri ke hutan, di mana ia diselamatkan dari Raji oleh Zen Wistalia, pangeran kedua dari negara tetangga, dan dua pembantunya. Berharap untuk membayar utangnya kepada trio suatu hari nanti, Shirayuki menetapkan pandangannya untuk mengejar karir sebagai ahli tanaman obat di negara Zen, Clarines.

12. Akatsuki no Yona

Akatsuki no Yona
Lihat SinopsisPutri Yona adalah satu-satunya anak dari Kerajaan Kouka, yang ditandai dengan rambut merahnya yang ikonik. Dia hidup dalam kedamaian di istana bersama ayahnya dan pengawalnya, Son Hak, yang juga teman masa kecilnya dari Klan Angin. Yona sangat dekat dengan sepupunya yang ceria, Su Won.

Segalanya berubah pada ulang tahun keenam belas Yona, ketika dia menyaksikan Su Won membunuh ayahnya dan merebut takhtanya. Dengan bantuan Hak, Yona melarikan diri dari istana dan memulai petualangan mencari tempat perlindungan. Diberi petunjuk oleh seorang pendeta, Yona memutuskan untuk mencari keturunan dari empat ksatria naga legendaris yang bersumpah untuk melindungi raja pertama Kouka.

13. Ranma ½

Ranma ½
Lihat SinopsisRanma Saotome adalah seniman bela diri kelas atas dan bintang di sekolah seni bela diri "Anything-Goes" Saotome. Saat berlatih di Tiongkok, dia dan ayahnya mengalami nasib buruk ketika mereka secara tidak sengaja jatuh ke mata air terkutuk. Sekarang, Ranma dikutuk menjadi perempuan ketika disiram dengan air dingin, dan hanya air panas yang bisa mengubahnya kembali menjadi laki-laki.

Keadaan menjadi semakin rumit ketika Ranma mengetahui bahwa ayahnya telah mengatur agar dia menikahi salah satu dari tiga putri Soun Tendo untuk mengamankan masa depan dojo Tendo. Meskipun Soun mengetahui kesulitan Ranma, dia masih bertekad untuk melanjutkan pertunangan, dan memilih putri bungsunya Akane, yang kebetulan juga seorang seniman bela diri yang terampil dan terkenal karena membenci pria.

14. Haikara-san ga Tooru

Haikara-san ga Tooru
Lihat SinopsisKisah gadis tomboi bersemangat bernama Benio dan hubungannya dengan seorang prajurit tampan setengah Jerman bernama Shinobu. Benio, seorang gadis yang ramah dan atletis dengan keyakinan kuat tentang menjalani hidup sesuai keinginannya, awalnya tidak menyukai Shinobu meskipun dia membantunya dalam berbagai situasi memalukan. Untuk kejutannya, dia mengetahui bahwa dia dijodohkan untuk menikahi Shinobu. Saat kisah mereka terungkap, Shinobu dipanggil untuk berperang dalam perang, sementara Benio berjuang dengan gagasan pernikahan dan menjalin hubungan dengan calon mertuanya dan majikannya. Di tengah tantangan ini, ancaman gempa bumi Kanto Besar menghadirkan kompleksitas tambahan dalam hidup mereka.

15. Koi Kaze

Koi Kaze
Lihat SinopsisSaeki Koushirou bekerja sebagai wedding planner, tapi kehidupan cintanya sendiri begitu berantakan. Latar belakangnya membuat ia kesulitan untuk mencintai sesuatu sepenuh hati. Ayahnya menikah lagi, dan membawa seorang anak perempuan yang akan menjadi adiknya. Setelah dibuang oleh pacarnya, ia penasaran dengan gadis yang akan menjadi adiknya, namun ia sadar bahwa gadis itu akan menjadi adiknya.

16. Shoujo Kakumei Utena

Shoujo Kakumei Utena
Lihat SinopsisSetelah bertemu dengan seorang pangeran yang berkeliling dan menghiburnya dari kematian orang tuanya, Utena Tenjou bersumpah untuk menjadi seorang pangeran. Sang pangeran meninggalkan sebuah cincin berlambang mawar yang aneh dan berjanji dia akan bertemu dengannya lagi suatu hari nanti.

Beberapa tahun kemudian, Utena bersekolah di Akademi Ootori, dia terjebak dalam permainan berbahaya. Duelist dengan cincin yang cocok dengan milik Utena bersaing untuk mendapatkan hadiah unik: Pengantin Mawar, melawan Anthy Himemiya, dan kekuatan misteriusnya. Ketika Utena memenangkan Anthy dalam duel, dia menyadari bahwa jika dia ingin membebaskan Anthy dan menemukan rahasia di balik Akademi Ootori, dia hanya memiliki satu pilihan: untuk merevolusi dunia.

17. Watashi no Shiawase na Kekkon

Watashi no Shiawase na Kekkon
Lihat SinopsisMiyo Saimori, yang hidupnya dipenuhi dengan kesengsaraan, dibuang setelah kematian ibunya dan dijadikan pelayan oleh keluarganya. Namun, nasibnya berubah ketika ayahnya mengatur pernikahannya dengan Kiyoka Kudou, seorang pria bangsawan yang dikenal sebagai kasar. Namun, ketika Miyo tiba di rumah Kudou, ia disambut dengan kebaikan dan cinta dari Kiyoka. Pernikahan ini menjadi peluang Miyo untuk membebaskan diri dari keluarganya dan mencari kebahagiaan.

18. Taishou Otome Otogibanashi

Taishou Otome Otogibanashi
Lihat SinopsisTamahiko Shima adalah putra bungsu dari keluarga Shima yang kuat dan kaya. Meskipun dibesarkan dalam kemewahan, dia selalu merindukan kasih sayang dari keluarganya yang seringkali dingin. Setelah kehilangan ibunya dan melukai lengannya dalam sebuah kecelakaan, Tamahiko terjatuh ke dalam keputusasaan dan ditolak oleh ayahnya sendiri karena kecacatannya. Diasingkan ke pedesaan untuk menghindari malu bagi keluarga, Tamahiko merasa tidak ada harapan hidup hingga Yuzuki Tachibana muncul di depan pintunya, mengaku bahwa ayah Tamahiko mengutusnya untuk menjadi pengantinnya. Merawat Tamahiko, Yuzuki membawa kesegaran dan kebahagiaan dalam hidupnya yang suram, membantu Tamahiko sembuh dari luka emosional yang dalam. Hubungan mereka tumbuh bersamaan dengan cinta pertama yang mereka rasakan.

19. Uchouten Kazoku

Uchouten Kazoku
Lihat SinopsisKyoto telah dihuni oleh kelompok-kelompok tanuki dan tengu selama bertahun-tahun, hidup berdampingan dengan manusia yang tidak menyadari keberadaan makhluk-makhluk ini. Yasaburou Shimogamo adalah putra ketiga dari keluarga tanuki yang berpengaruh yang menghabiskan hari-harinya dengan santai merawat seorang tengu tua, mengamati manusia melalui kemampuannya untuk berubah bentuk, dan berurusan dengan wanita misterius bernama Benten.

Di balik kedamaian dan ketenangan itu, ada kenangan menyakitkan dari masa lalu ketika ayah Yasaburou, kepala komunitas tanuki, dibunuh dan dimakan oleh sekelompok manusia yang dikenal sebagai Friday Fellows. Uchouten Kazoku mengikuti cobaan dan kesulitan para saudara Shimogamo saat mereka berjuang untuk menghindari kematian mereka sendiri sambil semakin dekat dengan mengungkap kebenaran di balik kematian ayah mereka.

20. Okusama ga Seitokaichou!

Okusama ga Seitokaichou!
Lihat SinopsisHayato Izumi mencalonkan diri sebagai presiden OSIS. Dia rajin, bertanggung jawab, rendah hati, tapi sepenuhnya kalah oleh saingannya, Ui Wakana. Ui menang dengan mudah setelah menjanjikan pendidikan s*ks yang komprehensif, kondom gratis, dan reformasi lainnya yang menarik.

Terluka tapi tidak patah semangat, Hayato menjilat luka-lukanya dan menerima jabatan wakil presiden. Kemudian Ui pindah tinggal bersamanya. Ternyata, orang tua mereka membuat janji saat mabuk puluhan tahun yang lalu bahwa anak-anak mereka suatu hari akan menikah.

Ui dan Hayato sekarang harus menjaga keseimbangan antara kehidupan sekolah dengan pernikahan, menyembunyikan hubungan mereka dari siswa yang konservatif dan belajar untuk hidup bersama.

21. Kakkou no Iinazuke

Kakkou no Iinazuke
Lihat SinopsisNagi Umino, seorang siswa kelas dua yang cerdas di SMA Meguro River Academy, berusia 16 tahun dan tertukar saat lahir. Saat dalam perjalanan untuk makan malam dengan orangtua kandungnya, ia secara tidak sengaja bertemu dengan Erika Amano yang tegas dan terbuka, yang bertekad membuat Nagi menjadi pacar palsunya karena ia tidak ingin menikah sebenarnya. Namun, ketika Nagi tiba di makan malam, ia mengetahui bahwa orangtuanya telah memutuskan untuk mengatasi kesalahan rumah sakit dengan cara menikahkan Nagi dengan putri dari keluarga yang membesarkan Nagi... yang ternyata adalah Erika sendiri!

Terimakasih sudah membaca!

Artikel Terkait