Cara Konversi File FRM dan IBD ke SQL dengan Mudah

By On

Cara Konversi File FRM dan IBD ke SQL dengan Mudah

Convert FRM dan IBD ke SQL merupakan solusi bagi Anda yang sebelumnya mengalami masalah error di xampp dan sempat melakukan backup folder mysql di xampp. Cara ini merupakan solusi bagi Anda yang tidak sempat melakukan backup database MySQL di phpMyAdmin.

Jika Anda sering oprek xampp, Anda pasti sering memperhatikan sebuah file dengan ekstensi *.frm dan *.ibd yang mirip dengan nama tabel MySQL. Ya, kedua file dengan nama sama tersebut merupakan bagian dari pembangun tabel MySQL di xampp.

Untuk mengkonversi file  FRM dan IBD ke SQL, Anda bisa melakukan cara berikut ini:

Pertama siapkan file *.frm dan *.ibd-nya yang akan diubah ke *.sql. Kemudian download software DBRECOVER, karena saya menggunakan MySQL maka saya pilih yang DBRECOVER For MySQL.


Setelah di download, kemudian Ekstrak dan jalankan file start_dbrecover_windows.bat dari ekstrakan tadi dengan mengklik kiri tombol mouse dua kali.

Jika sudah terbuka seperti ini, langsung tutup  saja kotak dialog ini dengan menekan tanda X dipojok kanan atas.


Selanjutnya pilih Start di pojok kiri atas dan klik Add frm.. cari file frm yang sudah disiapkan dan Open.


Kemudian pilih Start lagi di pojok kiri atas dan klik Add ibd.. cari file ibd yang sudah disiapkan dan Open.


Sekarang yang perlu Anda lakukan adalah mengklik kiri dua kali file *.frm yang sudah dibuka dan menyalin semua query yang muncul dikotak textarea seperti berikut:


Setelah disalin, klik kanan dibagian file *.ibd dan klik tombol scan


Jika sudah maka akan muncul file baru dibawah *.ibd dengan ekstensi *.page, klik kanan pada file tersebut dan pilih Create table SQL


Pada kotak dialog berikutnya, paste atau tempel semua query yang sudah disalin dari file *.frm tadi di textarea yang tersedia, dan klik OK


Pada halaman berikutnya akan muncul semua tabel data dari file *.ibd yang siap di export atau di convert menjadi *.sql. Klik Export to file di pojok kanan atas untuk mengkonversi ke SQL


Jika berhasil, kotak dialog seperti dibawah akan muncul dan klik file sql-nya untuk menuju lokasi penyimpanan.



Silakan Anda bisa langsung menggunakan file tersebut seseuai kebutuhan Anda.

Terimakasih sudah membaca!

Komentar akan di moderasi dahulu