Apa itu Isekai? Pengertian, Perbeadaan dan Jenis-jenisnya

Isekai adalah genre dalam sastra, manga, anime, dan media hiburan lainnya di mana memiliki unsur dunia lain. Istilah isekai berasal dari bahasa Jepang dan secara harfiah berarti dunia lain.
 
Ciri khas dari genre isekai adalah tokoh utama biasanya berasal dari Bumi dan kemudian dipindahkan ke dunia fantasi atau realitas alternatif melalui berbagai cara seperti teleportasi, reinkarnasi, atau pemanggilan.
 
Di dunia baru ini, tokoh utama biasanya memiliki kekuatan khusus atau kemampuan unik yang membantunya dalam beradaptasi dan menghadapi berbagai tantangan.
 
Isekai Quartet
 
Kepopuleran genre ini membuat banyak anime maupun manga yang rilis menggunakan genre ini sebagai salah satu temanya. Akibatnya genre isekai mulai berkembang dan saat ini genre ini memiliki sub-genre-nya seperti, Isekai, Reverse Isekai dan Native Isekai.
 
Daftar isi
 

1. Isekai

Seperti yang dijelaskan di awal artikel, Isekai adalah genre bertemakan dunia lain dimana tokoh utamanya pindah dari realitas aslinya (biasanya Bumi) ke dunia lain atau realitas alternatif melalui berbagai cara seperti teleportasi, reinkarnasi, atau pemanggilan.

Genre ini menjadi paling populer diantara sub-genre lainnya dan merupkan cikal-bakal perkembangan genre isekai lainnya.

Contoh anime yang populer dari genre ini adalah Re:Zero kara Hajimeru Isekai SeikatsuSword Art Online dan Tensei shitara Slime Datta Ken.

2. Reverse Isekai

Seperti dari namanya Reverse yang secara harfiah diartikan dari bahasa inggris yaitu, Balik. Jadi dapat disimpulkan bahwa ini adalah kebalikan dari genre Isekai dimana Reverse Isekai adalah tokoh utama datang dari dunia lain atau realitas alternatif pindah ke dunia utama dalam cerita (biasanya Bumi).

Contoh anime populer dari anime ini adalah Henjin no Salad Bowl, Hataraku Maou-sama! dan Hinamatsuri.

3. Native Isekai 

Native Isekai adalah anime bertemakan dunia lain yang memang latar tempatnya dari awal sudah di realitas alternatif atau dunia lain. Jadi dalam genre ini, perpindahan tokoh utama tidak ada, karena memang sedari awal latar tempatnya bukan di Bumi.

Contoh anime dari genre ini adalah Nanatsu no TaizaiMade In Abyss, dan Sousou no Frieren.

Saya pikir perkembangan genre isekai ini tidak akan berhenti disini saja, pasalnya jika kepoluleran genre ini terus berlanjut maka tidak menutup kemungkinan akan melahirkan sub-genre baru ataupun genre campuran antara ketiganya.

Seperti anime Lv2 kara Cheat datta Motoyuusha Kouho no Mattari Isekai Life yang cukup menarik perhatian saya, pada dasarnya jika saya melihat dari sudut pandang sebagai penonton anime ini adalah anime Native Isekai.

Latarnya sendiri sudah ada di dunia lain, namun tokoh utama mengalami perpindahan dari realitas aslinya (bukan Bumi) ke realitas alternaif lainnya yang merupakan sama-sama dunia fantasy yang sering menjadi tempat pindah tokoh utama.

Maka dari itu Lv2 kara Cheat datta Motoyuusha Kouho no Mattari Isekai Life bisa dikatakan genre campuran antara genre Isekai dan genre Native Isekai, karena dari sudut pandang penonton adalah anime Native Isekai sedangkan berdasarkan sudut pandang cerita ini adalah anime Isekai.

Kesimpulannya genre Isekai di anime adalah genre yang memiliki unsur Dunia lain. Ya, sederhanya seperti itu.

Terimakasih sudah membaca!

Artikel Terkait