Urutan Nonton Anime Free!

Free! adalah anime adaptasi dari light novel karya Kouji Ouji dengan judul High Speed. Anime ini menceritakan sekelompok anak muda yang menggeluti dunia olahraga renang, berawal dari pertemuan mereka ketika masih SD yang berakhir terpisah dan kemudian bertemu kembali ketika masuk SMA.

Telah banyak series maupun film/movie dari anime ini, bila Anda baru akan menonton anime ini, berikut urutan anime Free! series berdasarkan tanggal rilis.

Daftar isi

1. Free!

Free!
  • Tipe: TV
  • Episode: 12
  • Rilis: Jul 4, 2013 - Sep 26, 2013
  • Genre: Sports, School
Lihat SinopsisTepat sebelum kelulusan SD Haruka Nanase bersama ketiga temannya; Rin Matsuoka, Nagisa Hazuki dan Makoto Tachibana memenangkan lomba renang estafet. Setelah itu mereka berpisah dan selang beberapa waktu mereka mulai bersama lagi di SMA Iwatobi. Namun Rin berada disekolah yang berbeda dan dia tidak begitu peduli kepada kenangan masa lalunya, malah Rin ingin jadi perenang terbaik diatas Nanase. Setelah reuni pahit tersebut Nanase, Nagisa dan Makoto membuat klub renang di SMA Iwatobi. Tetapi mereka membutuhkan satu anggota baru, lalu masuklah Rei Ryuugazaki mantan anggota klub trek yang Nagisa rekrut.
Terkait:
  1. Free!: FrFr - Short Movie
  2. Free! Movie 1: Timeless Medley - Kizuna

2. Free!: Eternal Summer

Free!: Eternal Summer
  • Tipe: TV
  • Episode: 13
  • Rilis: Jul 3, 2014 - Sep 25, 2014
  • Genre: Sports, School
Lihat SinopsisMeskipun sudah setahun sejak Klub Renang SMA Iwatobi telah dibentuk, belum ada anggota baru bergabung dengan klub. Sekarang Haruka dan Tachibana menjadi siswa senior, bersama dengan teman-teman mereka yang lebih muda Nagisa dan Rei. Rei dan Nagisa harus menemukan cara untuk menarik anggota baru. Jika tidak, klub akan terpaksa ditutup tahun berikutnya karena kurangnya anggota.

Sementara itu, dengan kelulusan yang akan datang, sudah saatnya bagi para senior untuk memutuskan rencana mereka untuk masa depan.Rin Matsuoka, kapten baru Samezuka Academy Swim Club yang bertekad untuk memenuhi mimpinya menjadi perenang profesional, Haruka dan Makoto tidak yakin tentang jalur karier apa yang ingin mereka ambil.

Masalah lebih lanjut muncul ketika seorang teman lama Rin, Sousuke Yamazaki, datang ke kota untuk belajar di Akademi Samezuka; kedatangan perenang yang baru-baru ini dibina itu menyebabkan ketegangan dalam hubungan antara dia, Rin, dan Haruka.
Terkait:
  1. Free! Eternal Summer: Kindan no All Hard!
  2. Free! Movie 2: Timeless Medley - Yakusoku

3. High☆Speed! Movie: Free! Starting Days

High☆Speed! Movie: Free! Starting Days
Lihat Sinopsis"High☆Speed!: Free! Starting Days" mengikuti kisah masa lalu anggota Klub Renang Iwatobi, terutama Haruka Nanase dan Makoto Tachibana, saat mereka memulai sekolah menengah. Haruka kesulitan memutuskan klub mana yang akan diikuti karena masalah renang masa lalunya, sementara teman-temannya juga ragu. Meskipun demikian, setelah sebuah argumen, mereka semua memutuskan untuk bergabung dengan klub renang. Di sana, mereka berusaha mengasah keterampilan dan menyelaraskan gaya renang mereka sambil mengatasi konflik perasaan terhadap renang dan satu sama lain. Dengan tekad tinggi, mereka menemukan diri mereka dan meningkatkan bakat mereka selama hari-hari awal mereka.

4. Free!: Take Your Marks

Free!: Take Your Marks
Lihat SinopsisFilm ini terdiri dari 4 cerita pendek yang berlangsung pada bulan Maret ketika Haruka akan lulus dari sekolahnya yaitu SMA Iwatobi.

Berikut beberapa judul yang ada dalam anime ini:
1. Unmei no Choice! (Predestined Choice!)
2. Hitou no Cooling Down! (Secret Hot Spring Cooling Down!)
3. Kessoku no Butterfly! (United Butterfly!)
4. Tabitachi no Eternal Blue! (Departs Eternal Blue)

5. Free!: Dive to the Future

Free!: Dive to the Future
  • Tipe: TV
  • Episode: 12
  • Rilis: Jul 12, 2018 - Sep 27, 2018
  • Genre: Sports, School
Lihat SinopsisDalam seri ini, Haruka yang kuliah di Tokyo bertemu Asahi lagi dan membangkitkan kembali ingatannya dari tahun-tahun SMA-nya, termasuk yang dari Ikuya. Makoto sedang bekerja menuju mimpi baru saat dia berada di Tokyo bersama Haruka. Rin memiliki pertemuan tak terduga di Sydney. Ketika mereka menunggu masa depan baru mereka, apakah mereka kedepannya akan melihat masalah baru? Atau akankah mereka menghadapi masa lalu yang mereka tinggalkan?
Terkait:
  1. Free! Dive to the Future - Soushun no Build-up!
  2. Free! Movie 3: Road to the World - Yume

6. Free! Movie 4: The Final Stroke - Zenpen

Free! Movie 4: The Final Stroke - Zenpen
  • Tipe: Movie
  • Episode: 1
  • Rilis: Sep 17, 2021
  • Genre: Sports, School
Lihat SinopsisHaruka Nanase menemukan panggung barunya di Sydney, di mana dia bertemu dengan pesaing lain dari Kejuaraan All-Japan. Sementara mereka bersiap untuk turnamen, setiap pesaing mencoba meningkatkan semangat dan menemukan motivasi mereka dalam berenang. Mereka semua berjuang dengan penuh semangat dalam kompetisi yang menantang ini.

7. Free! Movie 5: The Final Stroke

Free! Movie 5: The Final Stroke
  • Tipe: Movie
  • Episode: 1
  • Rilis: Apr 22, 2022
  • Genre: Sports, School
Lihat SinopsisSetelah penampilan pertamanya di panggung dunia kompetitif, Haruka merasa terikat oleh kemampuan renang yang luar biasa dari Albert, sang juara tak terbantahkan. Merasa tersesat, Haruka memutuskan untuk memperbaiki renangannya dengan melakukan latihan yang ketat dan intensif. Dengan dorongan dari teman-temannya, Haruka bertekad untuk bersaing lagi melawan Albert. Ia melepaskan gerakannya dengan tekad yang kuat untuk mencapai kesuksesan di panggung kompetisi. Bagaimana hasil perjuangan keras Haruka selanjutnya?

Itulah urutan nonton anime Free! berdasarkan tanggal rilis, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Terimakasih sudah membaca!

Artikel Terkait