Urutan Anime Fullmetal Alchemist

Fullmetal Alchemist adalah manga karya Hiromu Arakawa yang diadaptasi menjadi anime dengan judul yang sama, “Fullmetal Alchemist ”.

Anime ini rilis pertama kali pada tahun 2003 dan dilanjut seri keduanya tahun 2009, anime ini memiliki banyak respon positif dari para penggemarnya maupun penggemar anime musiman. Terbukti dari seri pertamanya saja memiliki ratingyang tinggi, hasil ini sangat fantastis bagi anime lawas awal tahun 2000'an. Bahkan di seri keduanya saja mendapat rating yang kebih tinggi lagi.

Story dari anime ini terbilang cukup umum, bercerita dua saudara yang tinggal berdua akibat ibu mereka meninggal dan ayah mereka sibuk bekerja sebagai Alchemist (ahli kimia). Kedua saudara ini hidup bersama dengan bakat luar biasa yang mereka miliki, yaitu bakat yang sama seperti ayah mereka sebagai Alchemist. Terutama bakat sang kakak yang dijuluki sebagai Fullmetal Alchemist, sedangkan sang adik tidak mempunyai tubuh dan rohnya dimasukan ke dalam baju zirah.

Penasaran dengan kelanjutan ceritanya? So! Tonton segera anime-nya. Jika bingung mulai dari mana, berikut saya tuliskan urutan nonton anime Fullmetal Alchemist berdasarkan tanggal rilis.

Daftar isi

1. Fullmetal Alchemist

Fullmetal Alchemist
Lihat SinopsisEdward Elric dan Alphonse Elric adalah dua saudara yang hidup bahagia dengan orang tua mereka. Ibu mereka meninggal dunia karena sakit, lelah mengurus kedua anaknya sendirian. Sedangkan ayah mereka sering bepergian keluar rumah karena ia adalah seorang ahli kimia (alkemis). Ed dan Al tinggal berdua dirumah, mereka berdua memiliki bakat yang sama seperti ayahnya yaitu sebagai alkemis, mereka berdua mencoba menghidupkan kembali ibunya dengan bakat tersebut. Namun usaha mereka berdua gagal, tubuh Al dan kaki kiri Ed diambil sebagai “biaya masuk” karena transmutasi manusia merupakan hal yang tabu pada saat itu. Karena panik, akhirnya Ed memasukan roh Al kedalam baju zirah dengan resiko tangan kanannya diambil.

Di tengah keputusasaan atas tindakannya, Ed mendapat tawaran untuk menjadi seorang Alkemis Negara. Setelah mempertimbangkan berbagai hal, Ed-pun menerima tawaran tersebut. Akhirnya tangan dan kaki Ed diganti dengan automail, setelah mengikuti tes dan akhirnya lulus sebagai Alkemis Negara termuda dalam sejarah, ia-pun mendapat julukan sebagai Fullmetal Alchemist. Bersama dengan Al, Ed mencari cara bagaimana solusi untuk mengembalikan anggota tubuh mereka.

2. Fullmetal Alchemist: The Conqueror of Shamballa

Fullmetal Alchemist: The Conqueror of Shamballa
Lihat SinopsisMunich, Jerman, 1923. Dua tahun telah berlalu sejak Edward Elric diseret dari dunianya sendiri meninggalkan negaranya, teman-temannya dan adiknya sendiri, Alphonse Elric. Stripped sebuah kekuatan alkimia yang selama ini telah ia teliti bersama dengan Alphonse Heiderich, seorang pemuda yang mirip saudaranya sendiri, Alphonse Elric. Ed berharap suatu hari dapat kembali bersama seperti dulu bersama Al.

Usahanya selama ini telah terbukti membuahkan hasil, tapi setelah ia meminjamkan tangan untuk seorang gadis gipsi yang bermasalah, Edward mendapati serangkaian peristiwa yang dapat mendatangkan malapetaka bagi kedua dunia. Sementara itu di dunianya sendiri, Alphonse Elric berusaha mencari misteri dari alkimia dan mencari cara untuk kembali bersama dengan kakaknya, Ed.

3. Fullmetal Alchemist: Premium Collection

Fullmetal Alchemist: Premium Collection
Lihat Sinopsis1. State Alchemists vs Seven Homunculi, Sebuah film berdurasi 10 menit yang menampilkan: Ed, Al, Mustang, dan banyak anggota Negara lainnya melakukan pertempuran dengan Homonculi yang mematikan dalam realitas alternatif Amestris.
2. Chibi Feast; Enkai-hen, Cerita pendek 6 menit yang digambar dengan gaya Super Deformed di mana setiap karakter dalam seri (termasuk orang jahat) merayakan "After Party" dari film Conqueror of Shambala.
3. Kodomo-hen, Cerita pendek 3 menit yang menampilkan Edward dan cucunya di masa kini 2005.

4. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Fullmetal Alchemist: Brotherhood
Lihat SinopsisDalam pencariannya selama tiga tahun, Ed dan Al mencari Batu Bertuah yang mitosnya dapat membuat seorang alkemis untuk mengatasi Hukum Pertukaran Setara. Namun, mereka mulai menyadari telah terperangkap dalam konspirasi nasional yang berkaitan dengan sifat sejati dari Batu Bertuah tersebut dan sejarah kelam negara di masa lalu.

Edward dan Alphonse bertanya-tanya, apakah tindakan mereka akan membuat mereka menjadi manusia lagi ataukah akan mengambil kemanusiaan mereka?

5. Fullmetal Alchemist: Brotherhood Specials

Fullmetal Alchemist: Brotherhood Specials
Lihat SinopsisDisini akan banyak diungkap rahasia-rahasia yang belum pernah ada sebelumnya di seri Fullmetal Alchemist. Ed dan Al, mereka berdua mengejar desas-desus tentang transmutasi manusia yang sukses ke dalam jaringan drama dan kebohongan keluarga yang mengejutkan. Lihat sekilas ke sisi tersembunyi dari kepribadian Winry dan Hawkeye. Selamat dari wilayah utara yang dingin dengan Izumi Curtis muda, saat dia berjuang untuk mendapatkan pemahaman yang lebih tentang alkimia. Jelajahi persahabatan legendaris yang dibagikan oleh Mustang dan Hughes dan saksikan mereka tumbuh dari saingan sekolah militer menjadi kawan sejati yang diubah oleh ketakutan Perang Ishvalan.

6. Fullmetal Alchemist: The Sacred Star of Milos

Fullmetal Alchemist: The Sacred Star of Milos
Lihat SinopsisEdward bertemu dengan seseorang yang bisa menggunakan alkimia es dan listrik, ia bernama Melvin ia juga merupakan Kriminal yang dihukum karena melakukan pencurian di Central City. Kemudian mereka mengejar Melvin ke arah barat untuk mengetahui jenis alkimia baru tersebut, ditengah pengejaran mereka menemukan sebuah negara yang bernama Milos. Milos merupakan sebuah negara yang ditindas selama bertahun-tahun, rakyat milos berusaha untuk mengibarkan bendera mereka menggunakan Bintang merah yang tidak lain adalah batu philosof atau Kenja no Ishi. Ketika di Milos, mereka berdua bertemu dengan seorang gadis bernama Julia Criton yang merupakan anggota organisasi "Black Bat".

Itulah urutan nonton anime Fullmetal Alchemist berdasarkan tanggal rilis, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca!

Artikel Terkait