Urutan LENGKAP Nonton Anime Gintama (TV, Movie, OVA, ONA & Special Episode)

Urutan LENGKAP Nonton Anime Gintama (TV, Movie, OVA, ONA & Special Episode)

Gintama (Gin Tama) adalah anime yang di adaptasi dari manga karya Hideaki Sorachi. Anime ini pertama kali tayang pada tahun 2006 - 2010 dengan jumlah 201 episode dari 4 season. Anime bertemakan komedi ini sukes menghibur para penggemarnya. Sepanjang perjalanannya, Gintama selalu sukses menjadikannya anime bergenre komedi terbaik dan selalu mendapatkan rating yang tinggi di MAL. Ceritanya sendiri berlatar di sebuah kota bernama Edo, di kota tersebut terdapat ras alien yang bernama Amanto yang telah menginvasi Bumi. Dengan hal tersebut, para Alien berkuasa dan melarang penggunaan pedang (Katana), sehingga keadaan tersebut merugikan para Samurai. Termasuk main character utama kita, Sakata Gintoki.

Gambar: www.inverse.com

Anime ini juga sering memparodikan anime lainnya sehingga tampak semakin kocak dan sayang kalau tidak di tonton. Mulai dari mana menonton anime Gintama? So, karena anime ini sudah merilis banyak judul, entah itu versi TV, Movie, OVA, ONA maupun Special Episode. Maka bagi Anda yang akan memulai menonoton anime ini, berikut daftar urutan nonton anime gintama series berdasarkan tanggal rilis, LENGKAP!

#1. Gintama

Rilis: April 4, 2006 - Maret 25, 2010
Episode: 201
  1. Gintama: Shiroyasha Koutan ( Gintama: Jump Festa 2008 Special, Gintama: Jump Anime Tour 2008 Special) - 1 Episode, Special Episode
  2. Gintama: Dai Hanseikai (Gintama Harumatsuri 2010) - 1 Episode, Special Episode
  3. Gintama: Shinyaku Benizakura-hen ( Gintama: Shinyaku Benizakura-hen OVA, Gintama: Benizakura Arc - A New Retelling Special, Gintama Movie: Crimson Sakura Chapter New Edition, Gintama: Shin-yaku Benizakura-hen) - 1 Episode, Special Episode
Sinopsis: Amanto adalah ras alien dari luar angkas yang telah menginvasi Bumi dan mengambil alih Jepang. Larangan terhadap pedang pun telah ditetapkan dan akibatnya para samurai diperlakukan dengan tidak hormat. Tetapi seorang pria yang berbama Sakata Gintoki masih memiliki hati seorang samurai. Bersama orang yang menemaninya, Shinpachi Shimura, seorang bocah laki-laki dengan kacamata dan hati yang kuat, Kagura dengan payungnya serta Sadaharu, anjing peliharaan mereka yang besar. Mereka bekerja paruh waktu jadi apa saja, pekerjaan ini tidak selalu mudah, karena mereka sering berhadapan dengan polisi, pemberontak, dan pembunuh bayaran, seringkali mengarah pada sesuatu yang lucu tetapi tidak menguntungkan.

Catatan: di bagi menjadi 4 season masing-masing 49, 50, 51 dan 51 episode.

#2. Gintama Movie 1: Shinyaku Benizakura-hen

Rilis: 24 April 2010
Episode: 1
Sinopsis: Gintoki, Shinpachi dan Kagura, terus bertahan hidup di kota Edo yang futuristik dan penuh dengan alien. Mereka melakukan pekerjaan apa pun yang mereka temukan sambil berusaha untuk tidak terlibat dalam sesuatu yang terlalu berbahaya. Tetapi ketika Katsura, pemimpin pemberontak Joui dan kenalan lama Gintoki, menghilang setelah diserang secara brutal oleh seorang pembunuh yang tidak dikenal, Shinpachi dan Kagura memulai penyelidikan tentang keberadaannya dan identitas penyerang. Sementara itu, Gintoki melakukan pekerjaan yang tidak berhubunga,  pandai besi Tetsuya meminta agar Gin menemukan pedang aneh dan kuat yang disebut Benizakura yang baru-baru ini dicuri.

Ketika dua penyelidikan secara bertahap berlawanan, kru Yorozuya menemukan diri mereka berada di tengah-tengah konspirasi besar yang di akibatkan oleh  sifat jahat dari pedang Benizakura. Gintoki memutuskan untuk bertarungan langsung ke markas musuh dan bersama dengan beberapa bantuan, memulai salah satu pekerjaannya yang paling berbahaya.

#3. Gintama' (Gintama 2011)

Rilis: April 4, 2011 - Maret 26, 2012
Episode: 51

  1. Gintama': Futon ni Haitte kara Buki Nokoshi ni Kizuite Neru ni Nerenai Toki mo Aru - 1 Episode, Special Episode
Sinopsis: Setelah satu tahun vakum, Shinpachi kembali ke Edo, Dia kaget karena menemukan Gintoki dan Kagura, sesama anggota Yorozuya, telah berubah drastis! Melarikan diri dari markas Yorozuya dalam kebingungan, Shinpachi menemukan bahwa semua warga Edo telah mengalami perubahan ekstrim, baik dalam penampilan maupun kepribadian. Yang paling tidak dapat dipercaya, kakak perempuannya Otae telah menikah dengan kepala Shinsengumi,  Isao Kondou dan sedang mengandung anak pertamanya.

Bingung, Shinpachi akhirnya bergabung dengan Shinsengumi atas permintaan Otae dan Kondou. Dia menemukan bahwa Wakil Kepala Toushirou Hijikata tidak berubah, Shinpachi dan Shinsengumi berangkat untuk mengembalikan kota Edo dalam keadaan sebelumnya.

#4. Gintama: Yorinuki Gintama-san on Theater 2D

Rilis: 26 Agustus 2012
Episode: 2
Sinopsis: Wakil Komandan Shinsengumi, Toushirou Hijikata, mendapatkan pedang terkutuk, yaitu pedang yang ulang kepribadiannya dan mengubah dirinya dari polisi menjadi otaku yang tidak punya harapan. Ketika ia berjuang untuk memecahkan kutukan, anggota baru kepolisian yang ambisius, Itou Kamotarou, mengambil kesempatan untuk menggulingkan Hijikata dalam upayanya untuk mendapatkan kekuasaan dalam organisasi. Namun skema Itou terungkap,
 Dia lebih licik daripada yang dibayangkan dan keberadaan Shinsengumi pun terancam bahaya.

Di waktu dan tempat lain, pasukan Yorozuya tiba-tiba disambut oleh calon rekrutan baru. Di depan mereka ada seorang wanita muda misterius bernama Pirako Doromizu yang menyembunyikan hobinya akan kekerasan ekstrem, di balik penampilan luarnya yang antusias. Tanpa diketahui oleh Gintoki dan yang lainnya, Pirako memiliki ikatan yang kuat dengan salah satu tokoh yang berkuasa di distrik Kabuki di Edo dan kedatangannya memicu reaksi penduduk distrik ke dalam perang saudara.

#5. Gintama': Enchousen

Rilis: Oktober 4, 2012 - Maret 28, 2013
Episode: 13
Sinopsis: Ketika Gintoki sedang pergi, Yorozuya menemukan seorang pemimpin baru yaitu Kintoki alias doppelganger berambut emas Gintoki. Untuk mendapatkan kembali posisinya semula, Gintoki membutuhkan bantuan orang-orang di sekitarnya, suatu hal yang merepotkan ketika tidak ada yang bisa mengingatnya! Antara Kintoki dan Gintoki, siapa yang akan sebagai karakter utama?

Yorozuya melakukan perjalanan kembali ke distrik lampu merah, Yoshiwara untuk membantu pelacur tua dalam usahanya mencari kekasihnya yang telah lama hilang. Meskipun distrik itu tidak lagi, mereka segera mengetahui kisah tragis penduduk Yoshiwara yang masih menghantui mereka. Dengan kilas balik demi kilas balik, pencarian ini membuat Yorozuya menyaksikan cinta abadi dan melindunginya sebaik mungkin dengan hati dan jiwa mereka.

#6. Gintama Movie 2: Kanketsu-hen - Yorozuya yo Eien Nare

Rilis: 6 Juli 2013
Episode: 1
Sinopsis: Ketika Gintoki menangkap seorang bajak laut film di sebuah pemutaran perdana, ia memeriksa rekaman kamera dan menemukan dirinya dibawa ke Edo versi post-apokaliptik yang suram, di mana ada penyakit misterius yang disebut "Wabah Putih" telah menyebar ke populasi dunia. Dan ternyata bajak laut film itu bukan bajak laut, melainkan mesin waktu android. Gintoki telah dilemparkan lima tahun ke depan! Shinpachi dan Kagura telah bangkrut dan sekarang menjadi penjaga dan dia sendiri telah hilang selama bertahun-tahun, menghilang tanpa jejak setelah menulis pesan aneh di jurnalnya.

Berangkat dalam penyamaran yang diberikan kepadanya oleh mesin waktu android, Gintoki secara sembunyi-sembunyi menyatukan kembali tim Yorozuya untuk menyelidiki Wabah Putih, dan segera menemukan bahwa kunci untuk menyelamatkan masa depan terletak pada kegelapan masa lalunya sendiri. Bertekad untuk menghadapi musuh yang kuat, ia membuat penemuan penting. Dengan sekelompok teman dan sekutu sampah di sisinya, ia tidak perlu lagi bertarung sendirian.

#7. Gintama x Mameshiba

Rilis: 3 Desember 2013
Episode: 6
Sinopsis: Ditayangkan sebagai iklan untuk mempromosikan Gintama: Kanketsu-hen - Yorozuya yo Eien Nare Movie. Gintoki, Kagura dan Shipachi telah berubah menjadi "makhluk hidup yang aneh".

#8. Gintama°

Rilis: April 8, 2015 - Maret 30, 2016
Episode: 51

  1. Gintama°: Aizome Kaori-hen - 2 Episode, OVA
  2. Gintama°: Umai-mono wa Atomawashi ni Suru to Yokodorisareru kara Yappari Saki ni Kue - 1 Episode, Special Episode.
Sinopsis: Gintoki, Shinpachi, dan Kagura kembali menjadi anggota tim Yorozuya. Hidup dalam keadaan Edo yang di mana pedang dilarang dan penguasa asing telah menaklukkan Jepang, Yorozuya  mencoba untuk berubah dengan melakukan pekerjaan apa pun yang bisa mereka kerjakan. Sementara itu, ketika Gintoki mabuk suatu malam, sebuah pesawat ruang angkasa alien jatuh di dekatnya. Seorang anggota kru yang terluka parah muncul dari kapal dan memberi Gintoki alat aneh berbentuk jam, Alien itu memperingatkannya bahwa alat itu sangat kuat dan harus dilindungi. Menganggapnya sebagai jam alarm, Gintoki mulai menghancurkan perangkat keesokan paginya dan tiba-tiba menemukan bahwa dunia di luar apartemennya macet. Kagura dan Shinpachi ada di sisinya, Dia berangkat untuk memperbaiki perangkat tersebut, meskipun, seperti biasa, tidak ada yang sesederhana itu untuk tim Yorozuya.

#9. Gintama.

Rilis: Januari 8 - Maret 26, 2017
Episode: 12
Sinopsis: Setelah bergabung dengan  bakufu, Gintoki dan gengnya bersembunyi, bersama dengan Katsura dan pemberontak Joui-nya. Yorozuya segera didekati oleh Nobume Imai dan dua anggota Kiheitai, yang menjelaskan bahwa para perompak Harusame telah berbalik melawan Kapten Divisi ke-7 Kamui dan mantan sekutu mereka Takasugi. Kiheitai memberi Gintoki pekerjaa yaitu untuk mencari Takasugi, yang hilang sejak kapalnya disergap dalam serangan Harusame. Nobume juga membuat petunjuk yang menakjubkan tentang Tendoushuu, sebuah organisasi rahasia yang menarik banyak faksi, dan pemimpin mereka Utsuro, sosok bayangan dengan kemiripan luar biasa dengan mantan guru Gintoki.

Menumpang di kapal ruang angkasa Sakamoto, Yorozuya dan Katsura berangkat menuju Rakuyou, planet asal Kagura, tempat berbagai faksi telah berkumpul dan ketegangan mulai muncul. Dendam lama, pertikaian politik, dan rencana menyeluruh Tendoushuu yang menyeramkan akhirnya memuncak menjadi pertempuran besar yang menentukan Rakuyou.

#10. Gintama.: Porori-hen

Rilis: Januari 8 - Maret 26, 2017
Episode: 13
Sinopsis:  Sequel Gintama..

#11. Nissin Cup Noodles China x Gintama

Rilis: 29 Agustus 2017
Episode: 3 (ONA)
Sinopsis:  Kolaborasi Gintama and Cup Noodles.

#12. Gintama. Shirogane no Tamashii-hen

Rilis: 7 Januari - 26 Maret 2018
Episode: 12
Sinopsis:  Season pertama dari final arch Gintama..


#13.  Gintama.: Shirogane no Tamashii-hen - Kouhan-sen

Rilis: 9 Juli - 7 Oktober 2018
Episode: 14
Sinopsis:  Season kedua dari final arch Gintama..

#14.  China KFC x Gintama

Rilis: 9 Mei 2018
Episode: 1 ONA
Sinopsis: Kolaborasi China KFC dengan Gintama.

#15. Gintama: The Final

Rilis: Januari 8, 2021
Episode: 1 Movie
Sinopsis: Movie terbaru Gintama.

#16. Gintama: The Semi-Final

Rilis: Januari 15, 2021 - Januari 20, 2021
Episode: 2 Spesial
Sinopsis: Episode spesial yang masih terhubung dengan Gintama Movie 3 (Gintama: The Final)

Nah, itulah urutan nonton anime gintama berdasarkan tanggal rilis, semoga artikel kalli ini dapat bermanfaat.

Terimakasih sudah membaca!

7 Comments

anjir pening kepala gw

Anjg ini lebih bingungin dari Monogatari series ama fate series

Sama su, lebih gampang hafalin Monogatari series

Kalian yang baca aja udah bingung, apalagi ane yang nyusunnya

Awokawokawok🏃💨

eh final dulu atau semi-final dulu dah kalo nontonnya?