Urutan Anime Shingeki no Kyojin

Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan adalah serial anime yang diadaptasi dari manga yang berjudul sama karya Hajime Isayama. Anime Dark Fantasy ini sukses menjadi salah satu anime populer dan terbaik, serta setiap jeda untuk menjelang penanggalan rilisnya selalu menjadi salah satu anime yang paling ditungu-tunggu.

Selain itu, Shingeki no Kyojin telah diadaptasi menjadi film Live Action, meskipun dari segi cerita ada beberapa perbedaan antara Shingeki no Kyojin versi LA dan versi Anime. Biasa dikatakan bentuk dari penyesuaian.

Kepopuleran anime ini tidak berhenti disitu saja, beberapa pengembang telah mengadaptasinya menjadi sebuah permainan di berbagai platform, seperti Blu-ray, Web Browser, Mobile Phone dan Nintendo 3DS. Meskipun kebanyakan permainannya bergenre visual novel.

Bagi yang sudah mengikuti anime ini dari awal bahkan untuk yang belum pun pasti ada yang kenal dengan judul lagu Shinzou wo Sasageyo! dari Linked Horizon. Ya! Linked Horizon menjadi pengisi original soundtrack terbanyak dalam anime ini, dan hampir semua lagu atau kemungkinan semua lagu dari Linked Horizon dalam anime ini bisa dikatakan enak untuk didengar.

Saat artikel ini dimuat sudah ada 4 season yang dihasilkan anime ini (season 3 dibagi menjadi 2 court/part), namun tahukah kamu, jika banyak judul anime yang dirilis berdasarkan cerita anime ini? Tepatnya lebih dari sepuluh judul, termasuk OVA, Movie, TV Series dll. Bagi yang belum tahu atau yang ingin memulai mengikuti anime ini, berikut saya tuliskan daftar lengkap urutan untuk menonton anime shingeki no kyojin atau attack on titan berdasarkan tanggal rilis.

Daftar isi

1. Shingeki no Kyojin

Shingeki no Kyojin
Lihat SinopsisUmat manusia hampir dalam kepunahan, mereka hidup disebuah tempat yang dikelilingi benteng yang sangat tinggi untuk melindungi mereka dari Raksasa. Raksasa tersebut bernama Titan, mereka yang memakan manusia dengan wujud demi-human yang tidak memiliki akal. 100 tahun kemudian semenjak manusia berada dalam kedamaian didalam benteng, tiba-tiba muncul makhkuk raksasa yang melebihi tinggi benteng dan menghancurkan benteng tersebut. Alhasil makhluk raksasa lainnya masuk dan memakan manusia, Eren dan Mikasa mencoba untuk menyelamatkan diri. Sayangnya ibu Eren dimakan oleh makhluk tersebut, Dia pun bersumpah akan membunuh raksasa tersebut demi melindungi manusia dan orang-orang yang ia cintai.
Terkait:
1. Shingeki no Kyojin OVA
7. Shingeki no Kyojin: Ano Hi Kara
2. Shingeki no Kyojin: Chronicle
8. Shingeki no Kyojin Picture Drama
3. Shingeki no Kyotou
9. Snickers x Shingeki no Kyojin
4. Shingeki no Kyojin Movie 1: Guren no Yumiya
10. Shingeki no Kyojin Movie 2: Jiyuu no Tsubasa
5. Shingeki no Kyojin: Kuinaki Sentaku
11. Shingeki! Kyojin Chuugakkou
6. Shingeki no Kyojin: Lost Girls

2. Shingeki no Kyojin Season 2

Shingeki no Kyojin Season 2
Lihat SinopsisEren Yaeger bersumpah akan memusnahkan semua Titan yang telah membunuh umat manusia. Namun sesuatu yang mengejutkan terjadi pada dirinya, ia berubah menjadi makhluk yang ia benci, Titan. Tetapi hal tersebut menjadi sebuah keberuntungan juga bagi pihak Eren, karena dengan kondisinya saat ini, ia dapat bertarung melawan Titan dengan seimbang. Hal itu juga yang berhasil membuatnya menang melawan Titan perempuan, namun segerombolan Titan kembali mendekati benteng Rose. Tak ada waktu bagi Eren dan rekannya untuk beristirahat, mereka pun memulai pertempurannya kembali.
Terkait:
1. Shingeki no Kyojin-ten 360° Taikan Theater
3. Shingeki no Kyojin in the Dome: Heishi-tachi no Hoshizora
2. Shingeki no Kyojin Season 2 Movie: Kakusei no Houkou
4. Shingeki no Kyojin: Chronicle

3. Shingeki no Kyojin Season 3

Shingeki no Kyojin Season 3
Lihat SinopsisEren dan Historia telah berhasil dibawa pulang dari Hange melakukan serangkaian eksperimen pada Eren untuk mencari tahu lebih jauh tentang kemampuan saat berubah menjadi Titan. Sekarang Eren dan teman-temannya berada di bawah perlindunan Levi. Namun sangat di sayangkan satu-satunya orang yang menyimpan rahasia di balik Tembok telah dibunuh. Insiden ini mengharuskan regu Levi pindah berlindung ke tempat yang lebih aman. Namun ada sosok orang dari masa lalu Levi yang tidak membiarkan hal tersebut terjadi.
Terkait:
  1. Shingeki no Kyojin Season 3 Specials
  2. Shingeki no Kyojin: Chronicle

4. Shingeki no Kyojin Season 3 Part 2

Shingeki no Kyojin Season 3 Part 2
Lihat SinopsisDalam musim ini, cerita berfokus pada pertempuran epik antara Pasukan Pengintai dan Pasukan Marley yang menentukan nasib umat manusia. Pasukan Pengintai, yang dipimpin oleh Eren Yeager, berusaha menghadapi ancaman dari Raja Reiss dan para Titan di dalam dinding Sina. Pertempuran sengit ini membuka banyak rahasia masa lalu dan menentukan arah perjuangan manusia melawan Titan. Dengan grafik yang memukau, pertempuran yang mendebarkan, dan plot yang penuh teka-teki, musim ini menghadirkan banyak momen yang menggetarkan hati bagi para penggemar seri ini.
Terkait:
  1. Shingeki no Kyojin: Chronicle

5. Shingeki no Kyojin: The Final Season

Shingeki no Kyojin: The Final Season
Lihat SinopsisSekarang Eren dan teman-temannya di garis pantai dengan bayangan ancaman Marley yang menakutkan, apa yang akan terjadi pada mereka dan hasil apa yang akan mereka dapat dari pengungkapan misteri Titans, kemanusiaan, dan masih banyak lagi?
Terkait:
  1. Shingeki no Kyojin: The Final Season Specials

6. Shingeki no Kyojin: The Final Season Part 2

Shingeki no Kyojin: The Final Season Part 2
Lihat SinopsisBerbalik melawan mantan sekutu dan musuhnya, Eren Yeager menjalankan rencana bencana. Di bawah bimbingan Beast Titan, Zeke, Eren mengambil tindakan ekstrem untuk mengakhiri konflik kuno antara Marley dan Eldia. Tetapi niat yang sebenarnya tetap menjadi misteri. Menggali jauh ke masa lalu keluarganya, Eren berjuang untuk mengendalikan nasibnya sendiri.

Sementara itu, negara Marley dan Eldia yang telah lama bertikai memanfaatkan tentara dan Titan dalam perlombaan brutal untuk melenyapkan yang lain. Reiner Braun menggunakan kekuatannya sendiri dalam upaya putus asa untuk menahan kekuatan militeristik Eren sendiri, dan rekan-rekan Sesepuhnya. Anak-anak Falco Grice dan Gabi Braun berjuang untuk bertahan hidup dalam kekacauan yang sedang berlangsung.

Di tempat lain, teman masa kecil Eren Mikasa Ackerman dan Armin Arlert tetap dipenjara bersama mantan rekan Survey Corps Eren, semuanya terganggu oleh transformasi mengerikan Eren. Di bawah keyakinan buta bahwa Eren masih diam-diam menyimpan niat baik, Mikasa dan yang lainnya memasuki kekacauan dalam upaya untuk menyelamatkan jiwa teman mereka.

7. Shingeki no Kyojin: The Final Season - Kanketsu-hen

Shingeki no Kyojin: The Final Season - Kanketsu-hen
Lihat SinopsisSetelah tindakan kiamat Eren Yeager, teman-temannya dan mantan musuhnya bersekutu untuk menghentikan tindakan genosidanya. Armin Arlert, Mikasa Ackerman, dan anggota Pasukan Penjelajah lainnya bergabung dengan Reiner Braun dan penyintas militer Marleya.

Mereka berusaha menghentikan amukan Eren dan menyelamatkannya. Meskipun Eren terus maju tanpa peduli apa pun, dia memiliki keyakinan bahwa ini adalah satu-satunya cara untuk menyelamatkan teman-temannya dan rakyatnya. Pertempuran antara kedua faksi menuju bentrokan final yang tak terhindarkan, mengancam jutaan nyawa, tetapi Mikasa, Armin, dan sekutu mereka tetap berdiri teguh menghadapi kehancuran yang pasti.

Nah, itulah urutan nonton anime shingeki no kyojin atau attack on titan berdasarkan tanggal rilis. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Terimakasih sudah membaca!

Artikel Terkait