Urutan Seri Super Sentai (1975-2024), Lengkap dengan Pembagian Era Kekaisaran Jepang

Super Sentai adalah serial Tokusatsu Jepang yang tayang pertama kali pada tahun 1975, secara kolektif serial ini produksi oleh Toei Company Ltd., TV Asahi dan Bandai. Di Indonesia sendiri serial ini lebih dikenal lewat adaptasinya asal Amerika yaitu, Power Ranger. Meskipun begitu, serial Tokusatsu khusunya Super Sentai juga sering tayang TV Indonesia.

Sepanjang perjalanannya, Super Sentai di bagi berdasarkan Zaman atau Era di Jepang. Sejauh ini, Super Sentai telah berjalan selama tiga era, yaitu Era Shouwa, Heisei dan Reiwa. Untuk lebih jelasnya tentang pembagian zaman di Jepang bisa baca di sini.

Berikut urutan lengkap serial Super Sentai dengan pembagian Era di Jepang.
Daftar isi

 #1. Era Shouwa

1. Himitsu Sentai Gorenger (1975–1977)


Seri Super Sentai Pertama,  Para pahlawan berjuang bersama untuk melindungi dunia dari Tentara Palang Hitam, yang berusaha menaklukkan dunia. Lima kekuatan bersatu menjadi satu untuk mengalahkan monster.

©Ishimori Production Inc. and Toei Company, Ltd.

2. J.A.K.Q. Dengekitai (1977)


Prajurit Cyborg diciptakan oleh Pasukan Investigasi Sains Khusus dengan kekuatan nuklir, gravitasi, magnet, dan listrik. Mereka melawan kerajaan kejahatan yang dikenal sebagai Crime.

©Ishimori Production Inc. and Toei Company, Ltd.

3. Battle Fever J (1979–1980)


Lima agen melawan organisasi jahat Egos. Mereka bertarung dengan menggabungkan gerakan tarian dari seluruh dunia. Di seri ini kita akan melihat robot raksasa pertama yang muncul di sepanjang seri Super Sentai.

©Toei Company, Ltd.

4. Denshi Sentai Denjiman (1980–1981)


Denzimen adalah pasukan yang berperang melawan Klan Vader, klan yang mencoba mencemari Bumi dengan lumpur. Denzimen bertarung menggunakan Ilmu Super dari orang-orang Denzi. Ini adalah seri Sentai pertama yang memperkenalkan transformasi robot.

©Toei Company, Ltd.

5. Taiyo Sentai Sun Vulcan (1981–1982)


Sentai yang diciptakan oleh Earth Peace Defense Squad. Mereka menggunakan tiga kekuatan besar langit, laut, dan darat untuk melawan Kerajaan Mesin Black Magma.

©Toei Company, Ltd.

6. Dai Sentai Goggle-V (1982–1983)


Prajurit yang dipilih untuk melawan Dark Science Empire Death Dark. Mereka bertarung menggunakan teknologi sain masa depan dengan senjata yang terinspirasi dari peralatan senam.

©Toei Company, Ltd.

7. Kagaku Sentai Dynaman (1983–1984)


Lima ilmuwan pembela Bumi yang memiliki mimpi besar, mereka bertransformasi menggunakan Dyna Brace untuk melindungi bumi dari kejahatan.

©Toei Company, Ltd.

8. Choudenshi Bioman (1984–1985)


Lima orang yang dihujani Bio Partikel oleh Bio Robot lima abad yang lalu telah menjadi Bioman. Mereka bertransformasi dengan Bio Brace dan bertarung menggunakan Otak Elektronik Super pada kostum mereka. Bioswords mereka dilengkapi dengan mode pedang dan pistol.

©Toei Company, Ltd.

9. Dengeki Sentai Changeman (1985–1986)


Para prajurit menggunakan Kekuatan yang dimiliki oleh Bumi, untuk bertarung. Mereka bertransformasi dengan Change Brace untuk melepaskan kekuatan monster mistis.

©Toei Company, Ltd.

10. Choushinsei Flashman (1986–1987)


Lima tentara diberi kemampuan khusus oleh Alien Flash Race. Mereka bertarung menggunakan energi Prisma.

©Toei Company, Ltd.

11. Hikari Sentai Maskman (1987–1988)


Maskman melindungi Bumi dari serangan Underground Empire Tube dengan cara bertransformasi menggunakan Aura Power, kekuatan misterius yang dimiliki manusia. 

©Toei Company, Ltd.

12. Choujuu Sentai Liveman (1988–1989)


Livemen adalah lima ilmuwan yang berjuang untuk menyelamatkan Bumi dari Volt, penyusup dari luar angkasa. Para ilmuwan menggunakan sains untuk keadilan.

©Toei Company, Ltd.

#2. Era Heisei

13. Kousoku Sentai Turboranger (1989–1990)


Lima siswa SMA berubah menjadi Turboranger untuk mempertahankan Bumi dari Boma Seratus Suku, yang terbangun dari tidur selama 20.000 tahun. Mereka terlibat dalam pertempuran menggunakan senjata yang dikembangkan oleh Dokter Dazai.

©Toei Company, Ltd.

14. Chikyu Sentai Fiveman (1990–1991)


Terpisah dari orang tua mereka karena serangan Tentara Kekaisaran Galaxy bernama Zona. Hoshikawa bersaudara dengan ikatan kuat mereka harus mengalahkan Zona, agar dapat bertemu orang tua mereka kembali.

©Toei Company, Ltd.

15. Chōjin Sentai Jetman (1991–1992)


Lima individu dijhujani oleh Gelombang Burung Energi Super dan  menjadi Jetmen. Mengenakan kostum Birdonic yang dapat meningkatkan kemampuan mereka beberapa kali lipat, mereka berlima harus melawan "Vyrum", penjahat dari Dimensi lain yang mengancam manusia.

©Toei Company, Ltd.

16. Kyōryū Sentai Zyuranger (1992–1993) a.k.a. Mighty Morphin Power Rangers (season 1)


Zyurangers adalah pejuang kuno dari 170 juta tahun yang lalu yang terbangun dari tidur panjang mereka. Bertransformasi dengan Dino Buckler, mereka harus melawan Bandora sang Penyihir, yang memecahkan segel magis dan mengancam kedamaian di bumi.

©Toei Company, Ltd.

17. Gosei Sentai Dairanger (1993–1994) a.k.a. Mighty Morphin Power Rangers (season 2)


Dairanger adalah pejuang yang bertarung menggunakan kekuatan Qi yang diabadikan oleh Bumi. Berubah dengan Aura Changer, mereka melawan kejahatan Suku Gorma.

©Toei Company, Ltd.

18. Ninja Sentai Kakuranger (1994–1995) a.k.a. Mighty Morphin Power Rangers (season 3)


Kakuranger adalah keturunan ninja muda yang melawan Youkai untuk mempertahankan perdamaian. Mereka berubah dengan Doron Changer.

©Toei Company, Ltd.

19. Chouriki Sentai Ohranger (1995–1996) a.k.a. Power Rangers Zeo


Sentai yang dibentuk dengan anggota United Air Force untuk mempertahankan Bumi dari Machine Empire Paranoia. Mereka menggunakan kekuatan super peradaban kuno di bawah Kepala Penasihat Miura.

©Toei Company, Ltd.

20. Gekisou Sentai Carranger (1996–1997) a.k.a. Power Rangers Turbo


Karyawan muda dari sebuah perusahaan mobil berjuang untuk menghentikan geng pengendara motor jahat dari luar angkasa, mereka adalah Bozock penjahat yang mempunyai kekuatan dari Legendary Justice, Kurumagic Powers.

©Toei Company, Ltd.

21. Denji Sentai Megaranger (1997–1998) a.k.a. Power Rangers in Space


Lima siswa SMA dari Mega Project of the International Network of Excel-Science and Technology (I.N.E.T.) membuat transformasi digital menggunakan teknologi canggih. Mereka melawan Kerajaan Jahat Electric Nejirejia.

©Toei Company, Ltd.

22. Seijuu Sentai Gingaman (1998–1999) a.k.a. Power Rangers Lost Galaxy


Lima prajurit Hutan Galaksi bertarung menggunakan Kekuatan Bumi dan kekuatan Binatang. Gingaman bertempur melawan Barban Bajak Laut Luar Angkasa menggunakan Pedang Binatang dan Pisau Mesin.

©Toei Company, Ltd.

23. Kyuukyuu Sentai GoGoFive (1999–2000) a.k.a. Power Rangers Lightspeed Rescue


Kostum yang dirancang oleh Tatsumi Bersaudara, mereka bekerja untuk tim penyelamat darurat dengan nama GoGo Five. Melawan Klan Disaster Evil, penjahat dari luar angkasa. Dengan menggunakan Mecha Penyelamat yang ditemukan oleh Dokter Tatsumi, GoGo Five terus berjuang memepertahankan kedamain bumi dari para penjahat.

©Toei Company, Ltd.

24. Mirai Sentai Timeranger (2000–2001) a.k.a. Power Rangers Time Force


Dari tahun 3000 A.D., datanglah Timeranger untuk menangkap Keluarga Londers, yang melarikan diri dari penjara pada abad ke-20. Timeranger terdiri dari Pasukan Departemen Pelindung Waktu dan individu muda zaman modern. Mereka bertransformasi menggunakan Chrono Changer.

©Toei Company, Ltd.

25. Hyakujuu Sentai Gaoranger (2001–2002) a.k.a. Power Rangers Wild Force


Penjahat Org muncul dari bawah tanah dan membawa penderitaan bagi orang-orang. Kemudian lima prajurit Shaman muncul, mereka adalah Gaoranger.

©Toei Company, Ltd.

26. Ninpuu Sentai Hurricaneger (2002–2003) a.k.a. Power Rangers Ninja Storm


Kelompok Ninja Luar Angkasa Jakanja datang menyerang Akademi ninja dan menewaskan banyak muridnya, keadaan berubah ketika tiga siswa di sana bertranformasi menjadi Hurricaneger. Dengan Storm Ninjutsu, mereka bertarung untuk melindungi bumi dari invasi kelompok tersebut.

©Toei Company, Ltd.

27. Bakuryū Sentai Abaranger (2003–2004) a.k.a. Power Rangers Dino Thunder


Tiga anak muda yang dapat berkomunikasi dengan Dinosaurus, mereka dapat bertransformasi menjadi pahlawan yang disebut Abaranger menggunakan Dino Guts. Tiga pahlawan tersebut adalah AbaRed, AbaBlue, dan AbaYellow bergabung dalam hati dengan Dinosaurus untuk mempertahankan perdamaian di Bumi dari penjajah, atau Evorian, yang berasal dari Bumi lain bernama Dino Earth.

©Toei Company, Ltd.

28. Tokusou Sentai Dekaranger (2004–2005) a.k.a. Power Rangers S.P.D


Di Bumi, kejahatan di luar akal sehat meningkat secara dramatis. Dan penjahat luar angkasa, Alienizers, berada di balik perbuatan jahat itu. Polisi antariksa mempertahankan kedamaian dan stabilitas semua ruang, sehingga Polisi Antariksa Cabang Bumi dibentuk untuk mengawasi para penjahat ini. Lima petugas polisi khusus yang dipilih dari Bumi adalah Special Investigation Dekarangers.

©Toei Company, Ltd.

29. Mahō Sentai Magiranger (2005–2006) a.k.a. Power Rangers Mystic Force


Tiba-tiba, monster yang biasanya hidup di bawah permukaan bumi mulai menyerang dunia terestrial. Mereka disebut Infershia Kerajaan Hades Bawah Tanah. Ozuki bersaudara, Makito; Hoka; Urara; Tsubasa; dan Kai mendengar hal tersebut dari ibu mereka bahwa mereka adalah Penyihir Keadilan yang harus melawan Infershia. Kakak-beradik itu bingung dengan kejadian yang tidak terduga tersebut. Namun, Ibu mereka menyerang Infershia, dan Ozuki Bersaudara terpaksa bersatu untuk bertarung melawan Infershia.

©Toei Company, Ltd.

30. GoGo Sentai Boukenger (2006–2007) a.k.a. Power Rangers Operation Overdrive


Mereka adalah Petualang, The Search Guard Successor Foundation mengumpulkan harta karun langka dari seluruh dunia. Di antara harta karun tersebut, ada penemuan rahasia yang berisi kekuatan berbahaya disebut "Precious". Jika Precious ini diambil dan digunakan oleh Sindikat Kejahatan, orang-orang akan berada dalam bahaya serius. Inilah mengapa S.G.S. membentuk unit rahasia untuk mencari dan mempertahankan Precious. Nama unitnya adalah Bokenger.

©Toei Company, Ltd.

31. Juken Sentai Gekiranger (2007–2008) a.k.a. Power Rangers Jungle Fury


Beast-Fist adalah salah satu bentuk seni bela diri di mana kekuatan binatang dapat diperoleh dengan merasakan binatang itu di dalam hati. Ada dua sekolah yang mempelajari Beast-Fist. Satu, Beast-Fist yang bertarung untuk keadilan, Geki Juken Beast Arts. Dan satu lagi, Beast-Fist jahat, Rin Juken Akugata. Kedua sekolah itu ditakdirkan untuk bentrok, sehimgga mereka tidak pernah akur.

©Toei Company, Ltd.

32. Engine Sentai Go-onger (2008–2009) a.k.a. Power Rangers RPM


Klan Barbaric Machine "Gaiark" diasingkan dari Dunia Mesin oleh Para Mesin, yang merupakan mesin besar yang memiliki kemauan sendiri. Dengan pengasingan ini, Gaiark mengalihkan target mereka ke dunia manusia dan menyerang untuk mencemari Bumi agar Bumi lebih layak huni bagi mereka. Saat itulah tiga individu muda dengan hati keadilan berdiri sebagai Go-onger.

©Toei Company, Ltd.

33. Samurai Sentai Shinkenger (2009–2010) a.k.a. Power Rangers Samurai dan Power Rangers Super Samurai


Takeru Shiba, kepala keluarga Shiba dan Hikoma Kusakabe memanggil empat remaja untuk melawan Gedoushu. Mereka berubah menjadi Shinkenger dengan menggunakan Shodo Phones. Genta Umemori, teman masa kecil Takeru bergabung dengan Shinkenger sebagai Shinken Gold.

©2009 TV ASAHI・TOEI AG・TOEI

34. Tensou Sentai Goseiger (2010–2011) a.k.a. Power Rangers Megaforce


Kekuatan invasi alien yang disebut WARSTAR menghancurkan Menara Surga, jembatan antara Bumi dan Dunia Gosei dan rumah para Malaikat Gosei. Lima Malaikat Gosei yang kebetulan magang di Bumi berubah menjadi GOSEIGER dan berjuang untuk mempertahankan Bumi.

©Toei Company, Ltd.

35. Kaizoku Sentai Gokaiger (2011–2012) a.k.a. Power Rangers Super Megaforce


Para bajak laut bernama "GOKAIGER" datang dari luar angkasa ke Bumi untuk mendapatkan "Harta Karun Terbesar di Alam Semesta". Pada saat yang sama, Kerajaan Universal Zangyack mulai menyerang kembali Bumi. GOKAIGER menggunakan kekuatan yang hilang dari 34 tim Super Sentai sebelumnya untuk melawan Zangyack.

©Ishimori Production Inc. and Toei Company, Ltd.

36. Tokumei Sentai Go-Busters (2012–2013) a.k.a. Power Rangers Beast Morphers


New A.D. 2012. VAGLASS bertujuan untuk mengancam kota dengan mencuri Enetron yang merupakan sumber tenaga baru yang mendukung kehidupan masyarakat. Untuk itulah GO-BUSTERS ditugaskan untuk melindungi kota dengan mitranya, Buddy Roids.

©Toei Company, Ltd.

37. Zyuden Sentai Kyoryuger (2013–2014) a.k.a. Power Rangers Dino Charge dan Power Rangers Super Dino Charge


Tentara Deboth yang menginvasi Bumi pada masa dinosaurus telah hidup kembali. Wise God Torin memilih 5 individu pemberani yang dapat mengalahkan Zyudenryu dan memberikan kekuatan untuk menjadi "People of the Strong Dragons", KYORYUGER.

©Toei Company, Ltd.

38. Ressha Sentai ToQger (2014–2015)


Kerajaan jahat, Shadow Line muncul untuk menutupi dunia dalam kegelapan. 5 orang hebat terpilih sebagai TOQGER untuk melawan Shadow Line.

©Toei Company, Ltd.

39. Shuriken Sentai Ninninger (2015–2016) a.k.a. Power Rangers Ninja Steel dan Power Rangers Super Ninja Steel


Gengetsu Kibaoni telah dikalahkan 444 tahun yang lalu oleh Ninja, yang dipimpin Keluarga Igasaki. Di 2015, Tentara Kibaoni mulai membangun kekaisaran lagi dan mencoba menghidupkannya kembali. 5 Ninja berubah menjadi NINNINGER dan bertarung untuk mencegah kebangkitan Gengetsu Kibaoni.

©Toei Company, Ltd.

40. Doubutsu Sentai Zyuohger (2016–2017)


Dunia manusia diserang oleh kelompok penjahat luar angkasa "Dethgalien" yang telah memilih Bumi sebagai tempat Permainan Darah ke-100 mereka. Satu manusia dan 4 ras hewan antropomorfik “Zyuman” membangkitkan naluri mereka untuk menjadi ZYUOHGER dan berjuang untuk melindungi semua makhluk hidup.

©Toei Company, Ltd.

41. Uchu Sentai Kyuranger (2017–2018)


Di masa depan yang jauh, organisasi Jark Matter telah menaklukkan ruang angkasa. Sementara itu, kekuatan pemberontak yang disebut "Rebellion" didirikan dan mengumpulkan sembilan prajurit alien dari seluruh galaksi yang dipilih oleh Kyutama, bola ajaib dengan kekuatan konstelasi. Nama tim tersebut adalah KYURANGER.

©Toei Company, Ltd.

42. Kaitou Sentai Lupinranger VS Keisatsu Sentai Patranger (2018–2019)


Kelompok pencuri antar dimensi, Gangler telah mencuri sekumpulan benda bernama Lupin Collection. Lupinranger, tiga orang pencuri yang ingin mengambil kembali Lupin Collection dan memecahkan misteri hilangya orang-orang di sekitar mereka. Sedangkan Patranger adalah tiga orang polisi yang bertugas untuk mengumpulkan kembali Lupin Collection atas nama keadilan. Perbedaan tujuan ini mengakibatkan bentroknya kedua kelompok Sentai memperebutkan Lupin Collection, dan di sisi lain mereka harus melawan pasukan Gangler.

©Toei Company, Ltd.

43. Kishiryu Sentai Ryusoulger (2019–2020) a.k.a. Power Rangers Dino Fury


65 juta tahun yang lalu, Suku Druidon yang berkuasa di bumi meninggalkan bumi ketika akan ada meteor jatuh. Kini mereka kembali ke bumi dan menguasainya kembali. Suku Ryusoul yang dulu melawan Suku Druidon dan berhasil bertahan di bumi telah memilih kesatria baru, Ryusoulger untuk melawan kejahatan Suku Druidon.

©Toei Company, Ltd.

#3. Era Reiwa

44. Mashin Sentai Kiramager (2020–2021)


Seorang putri dari Land of Jewels (Hōseki no Kuni) datang ke Bumi dengan Batu Kirama untuk menemukan individu-individu dengan "semangat yang bersinar" yang kuat yang dikenal sebagai Kiramental (Kiramentaru) untuk menjadi para Kiramager dan memerangi ancaman para Yodon, pasukan kekaisaran kegelapan.

©Toei Company, Ltd.

45. Kikai Sentai Zenkaiger (2021–2022)


Dalam cerita ini, pahlawan kita akan menggunakan full-force full-throttle (Zenryoku Zenkai) untuk menghentikan musuh yang mencoba menghancurkan paralel alam semesta. Seorang pahlawan dengan hati yang adil yang dikenal sebagai Zenkaiser, akan melawan sekelompok kejahatan raksasa yang tidak masuk akal yang telah berhasil masuk ke dunia asal mereka. Dia bertarung bersama empat makhluk hidup robotik lainnya.

©Toei Company, Ltd.

46. Avataro Sentai Donbrothers (2022-2023)


Sekelompok pahlawan yang terdiri dari Taro dan empat orang lain yang dipilih oleh Jin untuk melawan monster misterius bernama Hitotsuki. Mereka juga harus menghadapi Noto dan Juto dalam mempertahankan keamanan manusia. Dalam melawan musuh-musuh tersebut, mereka dibantu oleh Kaito Goshikida yang berubah menjadi Zenkaizer Black.

©Toei Company, Ltd.

47. Ohsama Sentai King-Ohger (2023-2024)



Ada sebuah ramalan kuno yang beredar di seluruh kerajaan di planet Chikyu. Ramalan tersebut mengatakan bahwa 2.000 tahun setelah kejatuhan mereka, Kekaisaran Bumi Bugnarak akan bangkit kembali untuk membunuh semua umat manusia. Namun, lima raja dan dewa pelindung mereka, Raja-Ohger, akan berdiri untuk melawan mereka. Ini adalah kisah para raja yang akan mempertahankan Chikyu, serta kisah perjalanan seorang pemuda dalam mencapai tahta kerajaan.

©Toei Company, Ltd.

#4. Super Sentai Yang Pernah Tayang Di Indonesia

No Nama Tahun TV Nama Lokal Catatan
1 Kagaku Sentai Dynaman 1989 SCTV
2 Dengeki Sentai Changeman 1990 TVRI & TPI
3 Chojuu Sentai Liveman 1991 RCTI & Indosiar Tidak sampai tamat
4 Kousoku Sentai Turboranger 1994 RCTI Pasukan Turbo
5 Chikyuu Sentai Fiveman 1994 RCTI
6 Choushinsei Flashman 1996 RCTI Tidak sampai tamat
7 Hikari Sentai Maskman 1997 SCTV
8 Choujin Sentai Jetman 2001 Indosiar
9 Gosei Sentai Dairanger 2001 RCTI Star Rangers
10 Ninja Sentai Kakuranger 2002 RCTI Ninja Rangers
11 Chouriki Sentai Ohranger 2002 RCTI Sempat putus penayangannya, dilanjutkan ditahun 2004
12 Gekisou Sentai Carranger 2005 RCTI
13 Denji Sentai Megaranger 2005 RCTI
14 Seijuu Sentai Gingaman 2006 Indosiar
15 Mirai Sentai Timeranger 2006 Indosiar
16 Uchu Sentai Kyuranger 2019 RTV Kyuranger
17 Kaitou Sentai Lupinranger VS Keisatsu Sentai Patranger 2019 RTV Lupinranger VS Patranger

Sumber dan Referensi

Artikel Terkait