20 Rekomendasi Anime Supernatural Terbaik, Dari Kocak Sampai Bikin Tegang!

20 Rekomendasi Anime Supernatural Terbaik, Dari Kocak Sampai Bikin Tegang!

Ada banyak sekali anime supernatural yang bagus di luar sana. Genre anime supernatural mencakup berbagai elemen. Sangat beragam sehingga mencakup apa pun yang dianggap aneh. Seperti aspek-aspek hantu, sihir, kejadian yang tidak biasa, dan keajaiban.

Aspek misterius dan fiktif yang dibangun dengan grafis yang bagus akan terasa sangat nyata dalam anime bergenre supernatural. Plot dengan nuansa horor, petualangan, misteri dan ketegangan selalu mendominasi serial anime dengan genre ini. Mulai dari kekuatan super, hantu, monster, hingga pengalaman misteri yang tak terduga akan selalu berhasil membuat penonton terkagum-kagum dengan melihat 20 serial anime supernatural terbaik sepanjang masa di bawah ini:
Sinopsis mungkin saja mengandung spoiler!

1. Kimi no Na wa.

Kimi no Na wa.
Rilis: Agu 26, 2016
Episode: 1 Episode
Genre: Drama, Supernatural
Misuha Miyamizu adalah seorang siswi SMA dari sebuah desa yang bernama Itomori. Taki Tachibana adalah siswa dari sebuah SMA di Tokyo. suatu hari Taki bangun dan mendapati dirinya sebagai seorang perempuan, begitu juga dengan Mitsuha ketika bangun dan mendapati mimpinya sebagai laki-laki. Usut punya usut ternyata mereka bertukar tubuh saat bangun tidur dan kembali ke tubuh masing-masing saat bangun tidur lagi. Semenjak saat itu Taki & Mitsuha sering berkomunikasi menggunakan catatan-catatan yang mereka tulis.

Meskipun, faktanya mereka kesulitan untuk hidup sebagai orang lain, khususnya berbeda gender ditambah masalah pribadi masing-masing yang harus mereka hadapi saat bertukar tubuh.

2. Sen to Chihiro no Kamikakushi

Sen to Chihiro no Kamikakushi
Rilis: Jul 20, 2001
Episode: 1 Episode
Genre: Adventure, Award Winning, Supernatural
Chihiro Ogino adalah gadis berusia 10 tahun yang keras kepala, manja, dan naif, kurang senang ketika dia dan orangtuanya menemukan taman hiburan saat tersesat dalam perjalanan ke rumah baru mereka. Mereka mencoba berkeliling disana, dia menyadari bahwa ada hal aneh ditempat tersebut. Karena orangtuanya memakan makanan disana tanpa izin, akhirnya mereka berubah jadi babi dan setelah itu ia mengetahui bahwa mereka berada didunia roh. Sekarang mereka terperangkap, Chihiro harus bertahan hidup disana dan membiasakan diri di antara roh-roh, dengan bantuan Haku yang misterius dan makhluk-makhluk unik yang dia temui di sepanjang jalan.

Petualangan Chihiro dimulai untuk menyelamatkan orangtuanya dan mencari jalan keluar dari sana.

3. Jujutsu Kaisen (TV)

Jujutsu Kaisen (TV)
Rilis: Okt 3, 2020 - Mar 27, 2021
Episode: 24 Episode
Genre: Action, Fantasy
Iseng-iseng melakukan aktivitas paranormal tanpa dasar dengan Klub Gaib, siswa SMA Yuuji Itadori menghabiskan hari-harinya di ruang klub yang berupa rumah sakit, di mana dia mengunjungi kakeknya yang terbaring di tempat tidur. Namun, semuanya berubah menjadi aneh ketika dia tanpa sadar menemukan barang terkutuk. Hal tersebut memicu serangkaian kejadian supernatural, Yuuji tiba-tiba masuk ke dunia Kutukan. Kejadian tersebut membuatnya mendapatkan jari iblis Sukuna Ryoumen, "Raja Kutukan ."

Kemudian, dia diperkenalkan ke SMA Teknik Jujutsu Metropolitan Tokyo, dia mulai belajar untuk menjadi seorang penyihir Jujutsu.

4. Mushishi

Mushishi
Rilis: Okt 23, 2005 - Jun 19, 2006
Episode: 26 Episode
Genre: Adventure, Fantasy, Mystery, Slice of Life, Supernatural
Ginko adalah seorang pria mushi-shi, yang ahli menangani Mushi. Ia mengembara mengelilingi dunia untuk meneliti mushi langka yang ada didunia. Mushi merupakan makhluk primitif, khas dan sama sekali tak ramah. Mushi memiliki wujud tidak seperti hewan maupun tumbuhan. Dalam perjalanannya mengembara mengelilingi dunia, ia selalu membantu orang-orang yang memiliki penyakit aneh yang disebabkan oleh Mushi.

5. Death Note

Death Note
Rilis: Okt 4, 2006 - Jun 27, 2007
Episode: 37 Episode
Genre: Supernatural, Suspense
Seorang shinigami, dewa kematian, dapat membunuh siapa saja dengan syarat melihat wajah korban dan menuliskan nama korban di buku catatan yang disebut Death Note. Suatu hari, Ryuk, bosan dengan gaya hidup shinigami dan tertarik melihat bagaimana manusia akan menggunakan Death Note, kemudian ia menjatuhkan Buku Death Note ke dunia manusia.

Siswa SMA, Light Yagami menemukan Death Note. Karena dia menyesalkan keadaan dunia, akhirnya ia menguji buku catatan yang mematikan itu dengan menuliskan nama seorang penjahat di dalamnya. Ketika penjahat meninggal, segera setelah eksperimennya dengan Death Note, Light sangat terkejut dan dengan cepat menyadari betapa dahsyatnya kekuatan yang telah jatuh ke tangannya.

Dengan kemampuan ilahi ini, Light memutuskan untuk membunuh semua penjahat dan membangun dunia baru di mana kejahatan tidak ada serta orang-orang menyembahnya sebagai dewa. Namun, polisi dengan cepat menemukan bahwa seorang pembunuh berantai menargetkan para penjahat dan, akibatnya, mencoba untuk menangkap pelakunya. Untuk melakukan hal ini, para penyelidik Jepang mengandalkan bantuan detektif terbaik di dunia, yaitu seorang pria muda yang dikenal dengan nama L.

6. Mob Psycho 100

Mob Psycho 100
Rilis: Jul 11, 2016 - Sep 27, 2016
Episode: 12 Episode
Genre: Action, Comedy, Supernatural
Kageyama Shiego atau biasa dipanggil "Mob" merupakan siswa kelas 8 SMP. Mob memiliki sebuah kekuatan Telekinesis yang sangat besar saking besarnya ia kerap kali kehilangan kontrol akan kekuatannya tersebut. Akibatnya ia kerap kali tidak dapat bergaul dengan teman sebayanya, hingga pada suatu hari Mob menemukan sebuah pekerjaan sebagai pemburu hantu. Di sinilah Dia dan Gurunya yang mengaku punya kekuatan besar sering membantu orang lain yang memiliki gangguan supernatural dengan imbalan uang. Namun masalah lain mulai muncul, Adik Mob tiba-tiba di culik oleh sebuah Organisasi, dari sinilah petualangan Mob mulai.

7. Yuu☆Yuu☆Hakusho

Yuu☆Yuu☆Hakusho
Rilis: Okt 10, 1992 - Jan 7, 1995
Episode: 112 Episode
Genre: Action, Comedy, Supernatural
Yuusuke Urameshi seorang remaja 14 tahun yang suka berbuat onar, berkelahi, membuat masalah dan bolos sekolah. Suatu hari ia menyelamatkan seseorang anak yang akan tertabrak mobil, sayang Yuusuke malah tertabrak mobil dan meninggal dunia. Karena belum siap diterima diakhirat, akhirnya ia diberi penawaran akan dihidupkan kembali untuk menyelesaikan sebuah tugas. Dengan bimbingan dewa Botan, Yuusuke menerima tugas tersebut untuk membasmi iblis yang mengancam umat manusia bersama Kazuma Kuwabara dan dua iblis lain, Kurama dan Hiei.

8. Mononoke

Mononoke
Rilis: Jul 13, 2007 - Sep 28, 2007
Episode: 12 Episode
Genre: Fantasy, Horror, Mystery, Supernatural
"Medicine Seller" adalah master gaib yang mematikan dan misterius yang melakukan perjalanan melintasi Jepang feodal untuk mencari roh jahat yang disebut "mononoke" untuk dibunuh. Ketika dia menemukan salah satu dari roh-roh ini, dia tidak bisa begitu saja membunuhnya. Dia harus terlebih dahulu mempelajari Bentuknya, Kebenarannya, dan Alasannya untuk menggunakan Pedang Exorcism yang perkasa dan melawannya. Dia harus memulai eksorsisme anehnya dengan analisis psikologis yang intens dan pekerjaan investigasi yang cermat, langkah yang sangat berbahaya, karena dia harus terlebih dahulu menghadapi dan mempelajari tentang mononoke bahkan sebelum dia memiliki cara untuk mengalahkannya.

Perjalanan Medicine Seller membawanya ke sebuah penginapan kuno di mana Shino, seorang wanita hamil, akhirnya menemukan tempat untuk beristirahat. Pemiliknya dengan enggan menempatkannya di kamar terakhir yang kosong. Namun, saat dia menetap, dengan cepat menjadi jelas bahwa ruangan itu dipenuhi oleh sekelompok mononoke yang mematikan, Zashiki Warashi. Dengan intuisi pemburunya, Medicine Seller memulai penyelidikannya untuk menemukan Bentuk, Kebenaran, dan Alasan sebelum Zashiki Warashi dapat membunuh lagi.

9. Fumetsu no Anata e

Fumetsu no Anata e
Rilis: Apr 12, 2021 - Agu 30, 2021
Episode: 20 Episode
Genre: Adventure, Drama, Supernatural
Dia, makhluk abadi misterius, dikirim ke Bumi tanpa emosi atau identitas. Namun, ia mampu mengambil bentuk dari orang-orang di sekitar yang memiliki tekad kuat.

Pada awalnya, Dia adalah sebuah bola. Kemudian meniru bentuk batu. Saat suhu turun dan salju turun di atas lumut, Dia mengambil bentuk lumut. Ketika seekor serigala yang terluka dan sendirian datang tertatih-tatih dan berbaring untuk mati, Dia mengambil bentuk serigala. Akhirnya, ia memperoleh kesadaran dan mulai berjalan sampai ia bertemu dengan seorang anak laki-laki.

Anak laki-laki itu tinggal sendirian di kota hantu, yang telah lama ditinggalkan orang-orang untuk mencari surga yang dikatakan berada jauh di luar lautan yang tak ada habisnya. Namun, upaya mereka sia-sia, dan sekarang bocah itu berada dalam kondisi kritis.

Mendapatkan bentuk anak laki-laki, Dia memulai perjalanan yang tidak pernah berakhir, untuk mencari pengalaman, tempat, dan orang baru.

10. Bakemonogatari

Bakemonogatari
Rilis: Jul 3, 2009 - Jun 25, 2010
Episode: 15 Episode
Genre: Mystery, Romance, Supernatural
Setelah Araragi menjadi manusia setengah vampir, kini ia dipertemukan dengan berbagai macam keganjilan yang sangat komplek disekitarnya, mulai dari teman sekelas, adik kelas, teman adik perempuannya, hantu anak kecil dan Hanekawa.

11. Natsume Yuujinchou

Natsume Yuujinchou
Rilis: Jul 8, 2008 - Sep 30, 2008
Episode: 13 Episode
Genre: Drama, Slice of Life, Supernatural
Umumnya sebagian besar anak laki-laki berusia lima belas tahun menyimpan rahasia terkait dengan anak perempuan, Takashi Natsume memiliki rahasia aneh dan menakutkan yang melibatkan youkai: selama yang dia ingat, dia terus-menerus dikejar oleh roh-roh ini. Natsume segera menemukan bahwa neneknya yang telah meninggal, Reiko, telah memberikan kepadanya Yuujinchou, atau "Kitab Teman", yang berisi nama-nama roh yang dia bawa di bawah kendalinya. Sekarang dalam kepemilikan Natsume, buku itu memberi cucu Reiko kekuatan ini juga, itulah sebabnya makhluk-makhluk yang marah ini sekarang menghantuinya dengan harapan entah bagaimana mencapai kebebasan mereka.

Tanpa orang tua dan rumah yang penuh kasih, dan terus-menerus diburu oleh youkai yang bermusuhan dan tanpa ampun, Natsume mencari pelipur lara, tempat di mana dia seharusnya berada. Namun, satu-satunya pendampingnya adalah pengawal yang memproklamirkan diri bernama Madara. Dengan sayang disebut sebagai Nyanko-sensei, Madara adalah roh kucing misterius berukuran kecil yang memiliki alasan sendiri untuk bertahan dengan bocah itu.

12. Fate/Zero

Fate/Zero
Rilis: Okt 2, 2011 - Des 25, 2011
Episode: 13 Episode
Genre: Action, Fantasy, Supernatural
Dengan jamianan dapat mengabulkan permintaan apa pun, Cawan Suci yang mahakuasa memicu tiga perang mengerikan di masa lalu. Terlepas dari hal tersebut, keluarga kaya Einzbern yakin bahwa Perang Cawan Suci Keempat akan berbeda; yaitu, dengan wadah Holy Grail sekarang dalam genggaman mereka. Pembunuh Magus, Kiritsugu Emiya yang sangat dibenci dipekerjakan oleh Einzbern, dengan pernikahan dengan putri tunggal mereka Irisviel sebagai kontrak yang mengikat.

Kiritsugu sekarang berdiri di tengah permainan bertahan hidup yang kejam, berhadapan dengan enam peserta lainnya, masing-masing dipersenjatai dengan servant mereka, dan didorong oleh keinginan dan cita-cita yang unik. Ditemani oleh servantnya sendiri, Saber. Kiritsugu segera menemukan lawan terbesarnya, Kirei Kotomine, seorang pendeta yang mencari keselamatan dari kekosongan dalam dirinya dalam mengejar Kiritsugu.

Fate/Zero menggambarkan peristiwa Perang Cawan Suci Keempat, 10 tahun sebelum Fate/stay night.

13. Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai

Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai
Rilis: Okt 4, 2018 - Des 27, 2018
Episode: 13 Episode
Genre: Comedy, Drama, Romance, Supernatural
Sindrom Pubertas yang langka dan tidak dapat dijelaskan dianggap sebagai mitos. Ini adalah penyakit langka yang hanya menyerang remaja, dan gejalanya supernatural sehingga hampir tidak ada yang mengenalinya sebagai kejadian yang nyata. Namun, siswa SMA Sakuta Azusagawa tahu dari pengalaman pribadi bahwa itu sangat nyata dan cukup lazim di sekolahnya.

Mai Sakurajima adalah siswa sekolah menengah tahun ketiga yang mendapatkan ketenaran di masa mudanya sebagai aktris cilik, tetapi baru-baru ini menghentikan karirnya yang menjanjikan karena alasan yang tidak diketahui publik. Dengan suasana yang tidak dapat didekati, dia dikenal di seluruh sekolahnya, tetapi tidak ada yang berani berinteraksi dengannya. Sampai Sakuta melihatnya berkeliaran di perpustakaan dengan kostum gadis kelinci. Akhirnya dia menyadari bahwa Mai adalah korban lain dari Sindrom Pubertas. Ketika Sakuta mencoba untuk membantu Mai dari kesulitannya, tindakannya membawanya ke sebuah hubungan dengan lebih banyak gadis yang menderita penyakit yang sulit dipahami.

14. Dororo

Dororo
Rilis: Jan 7, 2019 - Jun 24, 2019
Episode: 24 Episode
Genre: Action, Adventure, Supernatural
Seorang Raja Samurai telah tega menukar organ putranya sendiri yang baru lahir ke empat puluh delapan setan hanya demi imbalan dominasi di medan perang. Tetapi, bayi tersebut selamat ditolong oleh seorang dukun yang memperlengkapi dia dengan prosthetics primitif. Prosthetics Primitif adalah sesuatu yang mematikan yang digunakan anak tersebut, untuk memburu banyak setan dan merebut kembali tubuhnya sepotong demi sepotong, sebelum menghadapi ayahnya sendiri. Dalam perjalanan ia bertemu seorang yatim piatu yang mengaku sebagai pencuri terhebat di Jepang.

15. Angel Beats!

Angel Beats!
Rilis: Apr 3, 2010 - Jun 26, 2010
Episode: 13 Episode
Genre: Drama, Supernatural
Dunia dimana orang-orang hidup sebelum reinkarnasi yaitu afterlife (akhirat), Yuzuru Otonashi adalah salah satu penghuni afterlife. Di tempat tersebut terdapat sekolah yang bertujuan untuk menghilangkan beban dan penyesalan ketika mereka masih hidup sebelum bereinkarnasi, termasuk Otonashi yang bersekolah disana. Namun, sayangnya Otonashi mengalami amnesia sehingga Ia tidak dapat mengingat masa lalunya. Dalam kehidupannya diakhirat Ia bertemu dengan Yuri yang mengajaknya bergabung dengan SSS, sebuah organisasi yang melawan tuhan untuk protes atas kejamnya kehidupan mereka sebelumnya.

16. JoJo no Kimyou na Bouken (TV)

JoJo no Kimyou na Bouken (TV)
Rilis: Okt 6, 2012 - Apr 6, 2013
Episode: 26 Episode
Genre: Action, Adventure, Supernatural
Pada tahun 1868, Dario Brando menyelamatkan nyawa seorang bangsawan Inggris, George Joestar. Dia merawat putra Dario,yaitu Dio, setelah ayah Dio meninggal. George berharap dengan tindakannya ini dapat membayar hutangnya terhadap Dario. Sayangnya Dio tidak puas dengan kehidupannya, sehingga dia mempunyai rencana untuk merebut rumah Joestar. Dengan menggunakan kekuatan supranatural topeng batu Aztec , ia memulai niat busuknya untuk menghancurkan George dan putranya, Jonathan "JoJo" Joestar.

50 tahun kemudian, di New York City, cucu Jonathan Joseph Joestar menemukan warisan yang ditinggalkan kakeknya. Saat penggalian arkeologis, ia menemukan kebenaran di balik topeng batu tersebut, ia menyadari bahwa ia adalah satu-satunya yang dapat mengalahkan Manusia Pilar, yaitu makhluk mistis dari kekuatan tak terhingga.

17. Kokoro Connect

Kokoro Connect
Rilis: Jul 8, 2012 - Sep 30, 2012
Episode: 13 Episode
Genre: Drama, Romance, Supernatural
Menceritakan lima pelajar SMA yaitu Taichi, Iori, Himeko, Yoshifumi, dan Yui yang merupakan anggota Klub Penelitian Budaya. Suatu hari, mereka mulai mengalami suatu fenomena supernatural yang menyebabkan mereka saling bertukar tubuh secara acak. Bukan hanya itu masih ada fenomena supernatural lain yang disebabkan oleh sosok misterius bernama "Heartdeed", dan hal tersebut membuat persahabatan mereka diuji.

18. Elfen Lied

Elfen Lied
Rilis: Jul 25, 2004 - Okt 17, 2004
Episode: 13 Episode
Genre: Action, Drama, Horror, Romance, Supernatural
Bercerita tentang seorang Diclonius bernama Lucy yang berhasil kabur dari laboratorium tidak berperi kemanusiaan milik pemerintah. Diclonius adalah manusia yang memiliki tanduk dan tangan telekinesis, dengan tangan telekinesis Lucy mampu memindahkan barang tanpa menyentuh barang tersebut.

Jika untuk memindahkan barang tanpa menyentuhnya memang keren, tapi beda ceritanya jika digunakan untuk membunuh. Apalagi digunakan untuk membunuh dengan cara yang sangat sadis seperti organ tubuh keluar, tubuh yang tiba-tiba remuk atau terbelah, seperti itulah gore yang ditampilkan anime ini. Meskipun anime lawas, anime ini bisa dikatakan sebagai salah satu anime gore terbaik yang pernah ada.

19. Another

Another
Rilis: Jan 10, 2012 - Mar 27, 2012
Episode: 12 Episode
Genre: Horror, Mystery, Supernatural, Suspense
Koichi Sakakibara mulai pindah ke SMP Yomiyama dan masuk ke kelas 3-3. Ia tidak mengetahui bahwa didalam kelas tersebut terdapat kutukan yang cukup mengerikan sejak tahun 1972, dimana para siswa disana dibayang-bayangi dengan kematian yang mengenaskan. Seperti ada siswa yang mati tertusuk dengan payung atau mati dengan pecahan kaca.

Kutukan ini bermula ketika 26 tahun yang lalu saat seorang siswi cantik, populer dan pintar bernama Mei Misaki mati secara misterius. Namun salah satu orang berkata Ia masih ada disini bersama mereka, sekolah pun menganggap Misaki masih hidup sampai-sampai menyediakan bangku untuk kelulusannya.

20. Mirai Nikki (TV)

Mirai Nikki (TV)
Rilis: Okt 9, 2011 - Apr 15, 2012
Episode: 26 Episode
Genre: Action, Supernatural, Suspense
Amano Yukiteru adalah seorang remaja penyendiri yang suka menulis diary di ponselnya.

Suatu hari terjadi hal aneh dengan diary-nya, dimana ia dapat membaca masa depan dengan diary-nya tersebut.

Kemudian ia sering menggunakan diary-nya tersebut untuk kegiatan sehari-hari. Namun, dari diary tersebut pula ia dapat mengetahui bahwa ada seseorang yang mengejarnya.

Setelah diketahui ternyata ada 12 orang yang mempunyai diary berbeda dengan fungsinya masing-masing.

Ke 12 orang tersebut ditempatkan di dalam sebuah game survial dimana aturannya sangat mudah, yaitu mereka harus membunuh satu sama lain sampai pemenangnya akan menjadi dewa.

Terimakasih sudah membaca!