20 Anime untuk Pemula yang Harus Kamu Tonton Pertama Kali

Anime sudah menjadi bagian penting dari budaya populer Jepang dan telah menyebar ke seluruh dunia dengan fanbase yang semakin besar. Untuk kamu yang baru memasuki dunia anime, terdapat banyak pilihan yang mungkin dapat membuat bingung.

Oleh karena itu, artikel kali ini akan memberikan rekomendasi anime untuk pemula yang harus kamu tonton pertama kali.

Daftar isi

1. Tonari no Totoro

Tonari no Totoro
Lihat SinopsisJepang tahun 1950-an, Tatsuo Kusakabe pindah bersama kedua putrinya, Satsuki dan Mei, ke pedesaan agar lebih dekat dengan ibu mereka yang dirawat di rumah sakit. Suatu hari, Mei bertemu dengan makhluk kecil mirip kelinci di halaman rumah. Dia mengejarnya ke dalam hutan, dia bertemu dengan Totoro, roh hutan raksasa ajaib yang menjadi sahabatnya. Tak lama kemudian, Satsuki juga bertemu dengan Totoro. Akhirnya, kehidupan mereka berubah dengan petualangan magis dan makhluk fantastis hutan.
Tonari no Totoro adalah karya klasik dari Studio Ghibli yang cocok untuk pemula. Cerita yang hangat, karakter yang menggemaskan, dan animasi yang indah membuatnya menjadi pengantar yang sempurna untuk dunia anime.

2. One Punch Man

One Punch Man
Lihat SinopsisSaitama mempunyai penampilan yang tidak meyakinkan, ekspresi datar dan kepala yang botak. Namun dibalik itu semua, Ia memiliki kekuatan yang luar biasa! Saitama adalah seorang pahlawan super yang haus akan musuh yang sangat kuat, sebab musuh setangguh apapun pada akhirnya akan mati hanya dengan satu pukulan olehnya.
Jika kamu mencari anime aksi yang seru dan juga penuh humor, One Punch Man adalah pilihan yang tepat. Anime ini mengisahkan Saitama, pahlawan yang bisa mengalahkan musuhnya hanya dengan satu pukulan.

3. Shingeki no Kyojin

Shingeki no Kyojin
Lihat SinopsisUmat manusia hampir dalam kepunahan, mereka hidup disebuah tempat yang dikelilingi benteng yang sangat tinggi untuk melindungi mereka dari Raksasa. Raksasa tersebut bernama Titan, mereka yang memakan manusia dengan wujud demi-human yang tidak memiliki akal. 100 tahun kemudian semenjak manusia berada dalam kedamaian didalam benteng, tiba-tiba muncul makhkuk raksasa yang melebihi tinggi benteng dan menghancurkan benteng tersebut. Alhasil makhluk raksasa lainnya masuk dan memakan manusia, Eren dan Mikasa mencoba untuk menyelamatkan diri. Sayangnya ibu Eren dimakan oleh makhluk tersebut, Dia pun bersumpah akan membunuh raksasa tersebut demi melindungi manusia dan orang-orang yang ia cintai.
Shingeki no Kyojin merupakan anime yang menghadirkan kombinasi cerita mendalam dan aksi yang spektakuler. Dengan alur yang menarik dan karakter yang kompleks, anime ini akan membuat kamu sedikit melongo.

4. Boku no Hero Academia

Boku no Hero Academia
Lihat SinopsisMidoriya Izuku merupakan siswa SMP yang tidak mempunyai Quirk seperti kebanyakan orang, Quirk adalah sesuatu yang normal bagi setiap orang dan Quirk merupakan kekuatan khusus yang dimiliki setiap orang. Walaupun sering dibuli, Midoriya tetap tidak menyerah untuk menjadi seorang pahlawan, suatu waktu ia diselamatkan oleh pahlawan idolanya, yaitu All Might sang pahlawan nomor satu saat ini. Kejadian tersebut mengubah hidup Midoriya dan seiring ia bertemu dengan All Might, Midoriya mengetahui rahasia kekuatan All Might yang membawanya semakin dengan impiannya menjadi pahlawan.
Jika kamu suka cerita superhero, Boku no Hero Academia adalah pilihan yang bagus. Menceritakan perjalanan Izuku Midoriya untuk mendapatkan kekuatan super, anime ini menyajikan kisah penuh inspirasi dan aksi seru.

5. Sen to Chihiro no Kamikakushi

Sen to Chihiro no Kamikakushi
Lihat SinopsisChihiro Ogino adalah gadis berusia 10 tahun yang keras kepala, manja, dan naif, kurang senang ketika dia dan orangtuanya menemukan taman hiburan saat tersesat dalam perjalanan ke rumah baru mereka. Mereka mencoba berkeliling disana, dia menyadari bahwa ada hal aneh ditempat tersebut. Karena orangtuanya memakan makanan disana tanpa izin, akhirnya mereka berubah jadi babi dan setelah itu ia mengetahui bahwa mereka berada didunia roh. Sekarang mereka terperangkap, Chihiro harus bertahan hidup disana dan membiasakan diri di antara roh-roh, dengan bantuan Haku yang misterius dan makhluk-makhluk unik yang dia temui di sepanjang jalan.

Petualangan Chihiro dimulai untuk menyelamatkan orangtuanya dan mencari jalan keluar dari sana.
Lagi-lagi dari Studio Ghibli, Sen to Chihiro no Kamikakushi adalah karya seni animasi yang menakjubkan. Cerita magisnya akan membawa anda ke dunia fantasi yang luar biasa.

6. Death Note

Death Note
Lihat SinopsisSeorang shinigami, dewa kematian, dapat membunuh siapa saja dengan syarat melihat wajah korban dan menuliskan nama korban di buku catatan yang disebut Death Note. Suatu hari, Ryuk, bosan dengan gaya hidup shinigami dan tertarik melihat bagaimana manusia akan menggunakan Death Note, kemudian ia menjatuhkan Buku Death Note ke dunia manusia.

Siswa SMA, Light Yagami menemukan Death Note. Karena dia menyesalkan keadaan dunia, akhirnya ia menguji buku catatan yang mematikan itu dengan menuliskan nama seorang penjahat di dalamnya. Ketika penjahat meninggal, segera setelah eksperimennya dengan Death Note, Light sangat terkejut dan dengan cepat menyadari betapa dahsyatnya kekuatan yang telah jatuh ke tangannya.

Dengan kemampuan ilahi ini, Light memutuskan untuk membunuh semua penjahat dan membangun dunia baru di mana kejahatan tidak ada serta orang-orang menyembahnya sebagai dewa. Namun, polisi dengan cepat menemukan bahwa seorang pembunuh berantai menargetkan para penjahat dan, akibatnya, mencoba untuk menangkap pelakunya. Untuk melakukan hal ini, para penyelidik Jepang mengandalkan bantuan detektif terbaik di dunia, yaitu seorang pria muda yang dikenal dengan nama L.
Bagi yang menyukai cerita anime misteri dan psikologis, Death Note adalah pilihan yang sangat menarik. Kisah tentang seorang pemuda yang memiliki buku kematian ini akan membuat kamu berpikir dan terus tertarik.

7. Kimetsu no Yaiba

Kimetsu no Yaiba
Lihat SinopsisSejak zaman dulu cerita tentang iblis yang memangsa manusia dihutan sudah menjadi kisah turun temurun, mereka yang percaya kisah tersebut enggan memasuki hutan apalagi dimalam hari. Tanjiro seorang anak tertua dari sebuah keluarga yang tinggal dihutan, hari itu ia berangkat ke kota untuk menjual barang demi menghidupi keluarga, terutama adik-adiknya. Ketika ia akan pulang dari kota, dia dihimbau oleh salah satu orang agar tidak masuk hutan karena sebentar lagi akan malam, ditakutkan akan ada iblis yang memangsanya. Meskipun Tanjiro tidak terlalu mempercayai kisah iblis tersebut, ia tetap menuruti perkataan orang itu dan menginap ditempatnya.

Besok pagi ia bergegas berangkat kerumahnya, alangkah mengejutkan ketika ia sampai didekat rumah dan mencium bau darah. Ketika ia sampai, seluruh keluarganya tewas seperti sudah dibantai dengan brutal, namun adik perempuannya yang bernama Nezuko sepertinya masih hidup. Sampai ia menyadari bahwa Nezuko mulai terlihat aneh dan tingkahnya seperti monster. Ditengah kebingungan ia diserang oleh sang pemburu iblis yang ingin membunuh adiknya tersebut, sang pemburu iblis mengatkan bahwa adiknya telah menjadi iblis dan harus dibinasakan.

Namun, sang pemburu iblis terheran melihat kakak adik tersebut saling melindungi satu sama lain, karena alasan tersebutlah ia tidak jadi membunuh Nezuko dan memberi bantuan kepada Tanjiro agar ia dapat mengembalikan Nezuko seperti semula serta membalas dendam kepada iblis yang telah membantai keluarganya. Dimulailah petualang Tanjiro yang akan menjadi pembasmi iblis bersama adiknya yang telah berubah menjadi iblis.
Anime ini merupakan salah satu anime paling populer semenjak kemunculannya, saat artikel ini dibuat. Dengan animasi yang luar biasa dan cerita yang menghanyutkan. Kimetsu no Yaiba menceritakan perjalanan Tanjiro Kamado dalam melawan para iblis untuk menyelamatkan adiknya.

8. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Fullmetal Alchemist: Brotherhood
Lihat SinopsisDalam pencariannya selama tiga tahun, Ed dan Al mencari Batu Bertuah yang mitosnya dapat membuat seorang alkemis untuk mengatasi Hukum Pertukaran Setara. Namun, mereka mulai menyadari telah terperangkap dalam konspirasi nasional yang berkaitan dengan sifat sejati dari Batu Bertuah tersebut dan sejarah kelam negara di masa lalu.

Edward dan Alphonse bertanya-tanya, apakah tindakan mereka akan membuat mereka menjadi manusia lagi ataukah akan mengambil kemanusiaan mereka?
Jika kamu mencari anime dengan alur cerita mendalam dan karakter yang kompleks, Fullmetal Alchemist: Brotherhood adalah pilihan yang tepat. Cerita tentang petualangan dua bersaudara mencari batu filosofi akan membuat kamu terus menontonnya.

9. Kimi no Na wa.

Kimi no Na wa.
Lihat SinopsisMisuha Miyamizu adalah seorang siswi SMA dari sebuah desa yang bernama Itomori. Taki Tachibana adalah siswa dari sebuah SMA di Tokyo. suatu hari Taki bangun dan mendapati dirinya sebagai seorang perempuan, begitu juga dengan Mitsuha ketika bangun dan mendapati mimpinya sebagai laki-laki. Usut punya usut ternyata mereka bertukar tubuh saat bangun tidur dan kembali ke tubuh masing-masing saat bangun tidur lagi. Semenjak saat itu Taki & Mitsuha sering berkomunikasi menggunakan catatan-catatan yang mereka tulis.

Meskipun, faktanya mereka kesulitan untuk hidup sebagai orang lain, khususnya berbeda gender ditambah masalah pribadi masing-masing yang harus mereka hadapi saat bertukar tubuh.
Anime karya Makoto Shinkai memang tidak dapat diremehkan dari sisi manapun. Salah satunya anime Kimi no na wa yang menggabungkan unsur fantasi dan romance dengan animasi yang luar biasa indah. Kimi no na wa mengisahkan pertukaran tubuh antara dua remaja, Mitsuha dan Taki, membawa para penonton pada perjalanan emosional yang menawan.

10. Shigatsu wa Kimi no Uso

Shigatsu wa Kimi no Uso
Lihat SinopsisArima Kousei adalah seorang anak berbakat dalam bermain piano. Namun setelah ibunya meninggal, Kousei tidak dapat mendengar suara dentingan piano lagi. Akibatnya Ia tidak dapat bermain piano lagi, sehingga membuatnya mengalami penurunan mental. Hanya Sawabe Tsubaki dan Watari Ryota yang menjadi teman Kousei karena semenjak saat itu Ia seakan menutup dengan dunia luar. Hingga suatu saat Ia bertemu dengan Miyazono Kaori seorang pemain biola yang memaksanya bermain piano lagi dan mengubah kehidupannya.
Selanjutnya anime dengan waifu sejuta umatnya. Shigatsu wa Kimi no Uso adalah kisah yang penuh emosi tentang cinta, kehilangan, dan pertumbuhan. Animasi indah dan musik yang memukau membuatnya menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Apalagi ketika masuk bagian episode akhir, semoga saja anda yang tertarik anime ini baik-baik saja :)

11. Violet Evergarden

Violet Evergarden
  • Tipe: TV
  • Episode: 13
  • Rilis: Jan 11, 2018 - Apr 5, 2018
  • Genre: Drama, Fantasy
Lihat SinopsisSetelah 4 tahun konflik yang panjang, perang besar akhirnya berakhir. Namun, benua Telesis dibagi jadi dua dan perlahan mulai berkembang kembali. Violet Evergarden adalah seorang gadis muda yang terperangkap dalam pertumpahan darah, ia dibesarkan untuk tujuan menghancurkan garis musuh. Diopname dan cacat akibat pertempuran, dia ditinggalkan hanya dengan kata-kata dari orang yang dia sayangi, tetapi tanpa pemahaman akan maknanya.

Ketika sembuh dari luka-lukanya, Violet memulai kehidupan barunya dengan bekerja di CH Postal Services setelah berselisih dengan keluarga angkatnya yang baru. Di sana, ia menyaksikan karya "Auto Memory Doll," amanuenses yang mentranskripsikan pikiran dan perasaan orang ke dalam kata-kata di atas kertas. Tergerak oleh hal itu, Violet mulai bekerja sebagai Auto Memory Doll, sebuah perdagangan yang akan membawanya pada petualangan, yang akan membentuk kembali kehidupan barunya.
Dikenal karena visualnya yang menakjubkan dan ceritanya yang mendalam, Violet Evergarden mengikuti perjalanan seorang mantan prajurit mencari makna hidupnya melalui pekerjaannya sebagai penulis surat profesional.

12. Toradora!

Toradora!
Lihat SinopsisRyuji Takasu seorang anak bermasalah yang jatuh hati kepada teman sekelasnya Minori Kushieda, meskipun bermasalah Ryuji sebenarnya berhati mulia. Sedangkan Aisaka Taiga, seorang siswi yang ganas menyukai Kitamura Yuusaku. Karena suatu kejadian Ryuji dan Minori mengetahui orang yang saling mereka sukai dan pada akhirnya mereka saling sepakat untuk membantu satu sama lain.
Toradora adalah anime komedi romantis yang menggambarkan hubungan aneh antara dua murid sekolah SMA. Cerita yang penuh komedi dan drama membuatnya sangat menghibur.

13. Sword Art Online

Sword Art Online
Lihat SinopsisPada tahun 2022 sebuah permainan Virtual Reality bernama Sword Art Online (SAO) Rilis, permainan tersebut menggunakan helm bernama NerveGear yang mampu mengontrol karakter permainan didalam SAO melalui pikiran mereka. Pada tanggal 6 November 10.000 pemain login termasuk Kirito, namun mereka menyadari bahwa tidak dapat melakukan Logout atau menghubungi Game Master. Akhirnya mereka dipaksa mengalahkan bos terakhir di lantai 100 dalam permain tersebut agar bisa keluar dari game tersebut. Mereka yang mati, kehabisan HP, atau memaksa melepaskan helm akan mati didunia nyata.
Bagi yang tertarik dengan dunia virtual dan aksi, Sword Art Online adalah pilihan yang bagus. Anime ini menceritakan perjalanan pemain dalam sebuah permainan VR yang berubah menjadi petualangan hidup dan mati.

14. Spy x Family

Spy x Family
Lihat SinopsisSeorang agen rahasia bernama "Twilight" harus menyamar sebagai kepala keluarga untuk menyelidiki seorang politisi penting. Dia mengangkat seorang anak yatim piatu bernama Anya dan menikahi seorang wanita ceroboh bernama Yor, yang sebenarnya adalah pembunuh bayaran. Mereka berpura-pura menjadi keluarga, tetapi semuanya berubah ketika mereka mengetahui bahwa Anya adalah seorang esper yang dapat membaca pikiran. Meskipun memiliki motif yang berbeda, mereka semua belajar tentang arti sebenarnya dari keluarga.
Spy x Family menggabungkan elemen mata-mata, aksi, dan komedi. Cerita tentang seorang mata-mata yang berusaha membentuk keluarga palsu untuk misi rahasia menyajikan banyak momen lucu dan menghibur.

15. Kiseijuu: Sei no Kakuritsu

Kiseijuu: Sei no Kakuritsu
Lihat SinopsisSebuah alien berbentuk cacing bernama Parasyte datang menyerang manusia dengan cara masuk ke dalam tubuh melewati lubang hidung atau telinga, dan mulai mengendalikan serta mengubah tubuh manusia menjadi mengerikan. Izumi Sinichi yang saat itu hampir dimasuki oleh makhluk tersebut, beruntung dia menggunkan headphone dan makhluk tersebut gagal menguasai otaknya dan hanya berhasil masuk kebagian tangan kanan. Setelah itu, mereka berdua Izumi dan Migi, parasyte yang ada ditubuh Izumi bekerja sama untuk melawan parasyte lain yang meneybabkan teror ditengah masyarakat.
Kiseijuu: Sei no Kakuritsu menawarkan kombinasi aksi dan horor dengan cerita tentang parasit luar angkasa yang mengambil alih tubuh manusia. Anime ini penuh dengan pertarungan yang intens dan pertanyaan etika yang menarik.

16. Mob Psycho 100

Mob Psycho 100
Lihat SinopsisKageyama Shiego atau biasa dipanggil "Mob" merupakan siswa kelas 8 SMP. Mob memiliki sebuah kekuatan Telekinesis yang sangat besar saking besarnya ia kerap kali kehilangan kontrol akan kekuatannya tersebut. Akibatnya ia kerap kali tidak dapat bergaul dengan teman sebayanya, hingga pada suatu hari Mob menemukan sebuah pekerjaan sebagai pemburu hantu. Di sinilah Dia dan Gurunya yang mengaku punya kekuatan besar sering membantu orang lain yang memiliki gangguan supernatural dengan imbalan uang. Namun masalah lain mulai muncul, Adik Mob tiba-tiba di culik oleh sebuah Organisasi, dari sinilah petualangan Mob mulai.
Dari kreator One Punch Man, Mob Psycho 100 menawarkan kombinasi aksi yang mengagumkan dan pengembangan karakter yang mendalam. Menceritakan Mob, seorang anak dengan kekuatan psikis yang luar biasa.

17. Jujutsu Kaisen

Jujutsu Kaisen
Lihat SinopsisIseng-iseng melakukan aktivitas paranormal tanpa dasar dengan Klub Gaib, siswa SMA Yuuji Itadori menghabiskan hari-harinya di ruang klub yang berupa rumah sakit, di mana dia mengunjungi kakeknya yang terbaring di tempat tidur. Namun, semuanya berubah menjadi aneh ketika dia tanpa sadar menemukan barang terkutuk. Hal tersebut memicu serangkaian kejadian supernatural, Yuuji tiba-tiba masuk ke dunia Kutukan. Kejadian tersebut membuatnya mendapatkan jari iblis Sukuna Ryoumen, "Raja Kutukan ."

Kemudian, dia diperkenalkan ke SMA Teknik Jujutsu Metropolitan Tokyo, dia mulai belajar untuk menjadi seorang penyihir Jujutsu.
Jujutsu Kaisen adalah anime aksi yang menarik perhatian banyak penonton. Dengan pertarungan yang spektakuler dan karakter yang kuat, anime ini mengisahkan petualangan siswa yang berhadapan dengan makhluk-makhluk supernatural.

18. Haikyuu!!

Haikyuu!!
Lihat SinopsisShouyou Hinata memiliki sebuah hobi bermain voli dan ia juga tergabung dalam klub voli disekolahnya. Meskipun klubnya tidak memiliki anggota, tetapi entah bagaimana klub tersebut dapat bertahan dan akhirnya berhasil masuk ke pertandingan reguler pertama di laga SMA. Hinata mempunyai sebuah keninginan untuk balas dendam terhadap Tobio Kageyama, yang juga merupakan pemain superstar yang dikenal sebagai “Raja Lapangan”. Kemudian ia bergabung ke klub voli Karasun, hanya untuk datang dan bertatap muka dengan saingannya yang paling dibenci, yaitu Kageyama!
Jika kamu tertarik dengan cerita olahraga dan semangat tim, Haikyuu!! adalah anime yang sempurna. Mengisahkan perjalanan tim voli SMA Karasuno, anime ini penuh dengan aksi, komedi, dan momen-momen menginspirasi.

19. Boku dake ga Inai Machi

Boku dake ga Inai Machi
Lihat SinopsisKetika tragedi akan terjadi, Satoru Fujinuma mendapati dirinya dipulangkan beberapa menit sebelum kecelakaan itu terjadi. Seniman manga berusia 29 tahun yang terpisah telah memanfaatkan fenomena kuat namun misterius ini, yang dia sebut "Kebangkitan," untuk menyelamatkan banyak nyawa.

Namun, ketika dia secara salah dituduh membunuh seseorang yang dekat dengannya, Satoru dikirim kembali ke masa lalu sekali lagi, tapi kali ini ke 1988, 18 tahun yang lalu. Segera, dia menyadari bahwa pembunuhan itu mungkin terkait dengan penculikan dan pembunuhan salah satu teman sekelasnya, Kayo Hinazuki yang menyendiri dan misterius, yang terjadi ketika dia masih kecil. Ini adalah kesempatannya untuk memperbaiki keadaan.
Boku dake ga Inai Machi menggabungkan unsur misteri dan perjalanan waktu. Ketika sang MC, Satoru Fujinuma, mendapati dirinya kembali ke masa lalu untuk mencegah kejadian tragis. Cerita anime ini memiliki alur ketegangan dan keprihatinan yang mendalam.

20. Code Geass: Hangyaku no Lelouch

Code Geass: Hangyaku no Lelouch
Lihat SinopsisPada tahun 2010, Kerajaan Suci Britania Raya merupakan negara militer dominan yang menaklukan Jepang. Jepang berganti nama menjadi Area 11 setelah kekalahannya yang cepat oleh Britania, Jepang melakukan perlawanan terhadap Britania dalam upaya untuk mendapatkan kembali kemerdekaannya. Lelouch adalah pangeran terbuang dari Britania yang ingin membalas dendam kepada kerajaanya dengan kekuatan Geass yang dimilikinya bersama pasukan Area 11.

Code Geass dimulai dengan cerita perebutan kekuasaan yang sederhana dan secara bertahap memiliki cerita yang memuaskan tiap plot.
Dengan plot yang kompleks dan karakter yang kuat, Code Geass mengisahkan tentang pemberontakan dan konspirasi di dunia alternatif. Lelouch vi Britannia, tokoh utama yang dibuang dan dikhianati, mendapatkan kekuatan misterius yang mengubah akan alur sejarah dan tentu saja untuk balas dendam.

Dengan memulai dari anime-anime ini, diharapkan pemula dapat merasakan berbagai genre dan gaya dalam dunia anime. Semoga artikel ini membantu kamu menemukan anime favoritmu!

Terimaskih sudah membaca!

Artikel Terkait