Urutan Anime Danganronpa

Danganronpa adalah serial anime yang diangkat dari manga yang merupakan spin-off dari permainan novel visual misteri pembunuhan yang sebelumnya berjudul Danganronpa: The Trigger Happy Havoc (Danganronpa: Kibō no Gakuen to Zetsubō no Kōkōsei). Game tersebut dikembangkan dan dipublikasikan oleh Spike Chunsoft.

Sebelum tumbuh menjadi anime seperti saat ini, Danganronpa memulai debutnya pada tanggal 25 November 2010 di salah satu platform game terkenal yaitu PSP sebagai game novel visual yang berjudul Danganronpa: Trigger Happy Havoc, yang kemudian hadir di PS Vita dan smartphone dengan platform iOS serta Android. Selanjutnya Manga yang berjudul sama hadir pada tanggal 24 Juni 2011 sampai 18 Oktober 2013 dengan jumlah 4 volume dan disusul dengan sebuah light novel yang berjudul Danganronpa/Zero pada tanggal 15 september 2011.

Tahun 2013, Sebuah serial TV anime yang berjudul Danganronpa: The Animation rilis dengan jumlah 13 episode, anime ini juga sebelumnya merupakan adaptasi dari manga yang berjudul sama yang rilis ditahun yang sama pula. Hingga akhirnya sebuah light novel yang berjudul Danganronpa Kirigiri rilis 13 september 2013. Setelah itu beberapa serial anime resmi rilis dan mendapatkan cukup banyak perhatian oleh banyak penggemar anime, khususnya bagi mereka yang sebelumnya memainkan permainan danganronpa.

Berikut urutan untuk menonton anime danganronpa berdasarkan tanggal rilis:

Daftar isi

1. Danganronpa: Kibou no Gakuen to Zetsubou no Koukousei The Animation

Danganronpa: Kibou no Gakuen to Zetsubou no Koukousei The Animation
Lihat SinopsisBercerita mengenai sekolah elite bernama Hope's Peak Academy yang menerima siswa paling hebat dalam berbagai bidang. Makoto Naegi ingin bersekolah disekolah tersebut dengan melalui jalur yang disebut “Siswa Paling Beruntung”. Namun, tiba-tiba Makoto terbangun dan terkunci disebuah kelas bersama 14 siswa lainnya yang kehilangan kesadaran mereka. Mereka diberi tahu oleh beruang yang bernama Monokuma, bahwa mereka akan dikurung dikelas tersebut sampai akhir hidup mereka dan jika ada orang yang melanggar peraturan maka mereka akan dibunuh. Satu-satunya cara untuk keluar dari tempat tersebut adalah dengan cara saling membunuh tanpa diketahui siswa lainnya.

2. Danganronpa 3: The End of Kibougamine Gakuen - Mirai-hen

Danganronpa 3: The End of Kibougamine Gakuen - Mirai-hen
Lihat SinopsisSetelah melarikan diri dari Akademi Hope's Peak, Makoto Naegi dan rekan-rekannya bergabung dengan Future Foundation untuk melawan keputusasaan. Namun, Naegi ditangkap karena membela Remnants of Despair. Mereka dihadapkan pada permainan pembunuhan baru oleh Monokuma, dengan Naegi, Kyouko Kirigiri, dan Aoi Asahina sebagai peserta. Mereka harus mengungkap pembunuh tanpa adanya sidang kelas, karena setiap kematian membawa akhir permainan.

3. Danganronpa 3: The End of Kibougamine Gakuen - Zetsubou-hen

Danganronpa 3: The End of Kibougamine Gakuen - Zetsubou-hen
Lihat SinopsisKelas 77-B Akademi Hope's Peak menyambut guru kelas baru, Chisa Yukizome, yang juga merupakan Super High School-Level Housekeeper. Dia segera bertekad memperbaiki perilaku siswa dan memperkuat hubungan mereka. Sementara itu, Hajime Hinata dari Reserve Course berharap memiliki bakat, dan pertemuan tak terduga dengan Super High School-Level Gamer, Chiaki Nanami, membawa harapan baru dalam hidupnya.

Namun, tanpa sepengetahuannya, rencana jahat sedang berlangsung di kalangan elit sekolah, yang berpusat pada Hajime, yang akan membawa keputusasaan kepada Hope's Peak dan dunia. "Zetsubou-hen" menggambarkan kehidupan sehari-hari di akademi dan kegelapan yang mengintai di bawahnya, yang mengarah pada dimulainya Peristiwa Terbesar, Paling Mengerikan, dan Paling Tragis dalam Sejarah Manusia.

4. Danganronpa 3: The End of Kibougamine Gakuen - Kibou-hen

Danganronpa 3: The End of Kibougamine Gakuen - Kibou-hen
Lihat SinopsisSetelah Final Killing Game dan pengungkapan pelaku sejati, Future Foundation mengalami kekacauan. Rasa putus asa muncul dari salah satu korban untuk mengakhiri keputusasaan sekali dan untuk selamanya, anggota Future Foundation yang tersisa harus bersatu untuk menghentikan kekejaman ini. Untungnya, mereka mendapatkan bantuan dari sekelompok sekutu. Dalam penutup cerita Hope's Peak di seri Danganronpa, para pemain dalam permainan kematian yang tak pernah berakhir ini mulai memahami makna sejati di balik keputusasaan, harapan, dan penebusan.

5. Super Danganronpa 2.5: Komaeda Nagito to Sekai no Hakaimono

Super Danganronpa 2.5: Komaeda Nagito to Sekai no Hakaimono
Lihat SinopsisDi Hope's Peak Academy, sebuah sekolah yang penuh dengan orang-orang luar biasa berbakat, Nagito Komaeda adalah anak laki-laki biasa yang tidak memiliki sifat khusus atau keterampilan yang menarik untuk dibahas, kecuali untuk ketidakberuntungannya yang luar biasa. Meskipun demikian, Komaeda menjalani kehidupan yang relatif normal dan ia pun puas dengan kebahagiaannya yang sederhana tersebut.

Terimakasih sudah membaca!

Artikel Terkait